Wajib Dikunjungi! Indahnya Panorama di Kebun Teh Kaligua Brebes

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

18 Jun 2023


BREBES (Jatengreport.com) - Banyak dari para traveller yang tidak tahu bahwasannya Kabupaten Brebes menyimpan keindahan alam dengan pesona wisatanya.

Salah satunya yaitu kebun teh Kaligua Brebes dengan berbagai macam spot dan wahana menarik di dalamnya. Dijamin liburan anda dan keluarga akan menyenangkan ketika menghabiskan hari libur di Agrowisata Kaligua Brebes.

Agrowisata Kaligua adalah perkebunan teh peninggalan Belanda sejak tahun 1889. Memiliki panorama alam yang begitu indah. Dengan latar belakang Gunung Slamet plus udara sejuk dan segar.

Salah satu komoditi utama Indonesia sejak zaman dahulu ialah teh. Kawasan dataran tinggi Indonesia yang subur sudah lekat dengan keberadaan perkebunan teh.

Bahkan, ada beberapa perkebunan yang sudah dikelola sejak pendudukan Belanda. Salah satunya ialah Kebun Teh Kaligua yang berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Objek wisata perkebunan teh ini dikelola oleh PTPN IX. Di bawah nama Agrowisata Kaligua, kebun teh ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang instagrammable.

 

Wisatawan juga diajak untuk belajar tentang pengolahan teh pada ahlinya langsung. Di samping itu, masih banyak lagi kegiatan dan wahana rekreasi yang bisa dinikmati.

Berada di ketinggian antara 1.200 – 2.050 Mdpl, suhu udara di sini tentu terasa sejuk. Di musim penghujan suhu mencapai 8-22 °C. Sedangkan di musim kemarau akan lebih dingin, yaitu berkisar 4-12 °C.

Maka tak heran, jika Kaligua sering diselimuti kabut tebal. Jadi jangan kecewa kalau tidak bisa memandang panorama alam seluas-luasnya.

Ketika kamu berhasil memasuki wisata Kaligua, kamu akan disambut dengan cangkir raksasa bertuliskan “Teh Kaligua”.

Kanan kiri jalanan yang tadinya dipenuhi pohon pinus, mulai berganti dengan hamparan perkebunan teh.

Fasilitas Penginapan di Kaligua Brebes

Wisata ke kebuh teh ini, akan semakin lengkap kalau kamu juga bermalam. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat dengan menginap bisa mengasyikkan.

Merasakan bagaimana suasana malam di perkebunan teh berudara sejuk.

Kamu bisa mencari beberapa penginapan berupa homestay di sini.

Jam Buka

Obyek wisata yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IX ini buka setiap hari untuk umum. Dari pagi hinga sore hari.

pukul: 10.00 – 15.00 WIB. (Adv)

tag: Kebun Teh Kaligua Brebes



BERITA TERKAIT