Sinergitas Smart Tax Community, Kendal Cetak Prestasi dengan Program Digitalisasi

images

Jateng

Eko Purwanto

05 Okt 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Pemerintah Kabupaten Kendal terus melakukan inovasi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan terobosan dengan membuat program Sinergitas Smart Tax Community (Sinema Om).

Sinema Om sebagai episentrum percepatan dan perluasan digitalisasi PAD Kabupaten Kendal, sesuai dengan Roadmap Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kebupaten Kendal dan prioritas nasional pada unsur penguatan kelembagaan dan percepatan implementasi ETPD.

Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab, menyampaikan, bahwa program inovasi tersebut dilakukan sebagai langkah strategis atas terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tata Cara Implementasi ETPD, sebagai tindak lanjut atas Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), menuntut adanya percepatan ETPD, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Kondisi saat ini, digitalisasi PAD di Kabupaten Kendal baru terlaksana untuk pajak daerah,"kata Kepala Bapenda Kendal saat bertemu dengan para awak media, Jumat (4/10/2024) di Ruang Abdi Praja Setda Kendal.

Abdul Wahab mengatakan, bahwa sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan strategi dalam rangka percepatan dan perluasan digitalisasi daerah untuk optimalisasi PAD menuju kemandirian fiskal Daerah melalui sistem pengelolaan PAD yang dilaksanakan secara komprehensif, terintegrasi secara digital, dibarengi dengan dukungan produk hukum yang lengkap sebagai jaminan kepastian hukum dalam penyelenggaraan pajak Daerah dan retribusi Daerah.

Menurutnya, melalui program unggulan Sinema Om ini  adalah wadah utama bagi pentahelik untuk bersinergi dan berperan aktif sebagai pendamping TP2DD dalam upaya percepatan dan perluasan digitalisasi pajak daerah serta retribusi daerah untuk optimalisasi PAD Kendal.

"Program Sinema Om ini adalah untuk meningkatkan optimalisasi PAD di Kabupaten Kendal,  melalui sinergitas seluruh pentahelik dan kepemimpinan organisasi digital yang diwadahi dalam Smart Tax Community dalam mendukung implementasi percepatan dan perluasan digitalisasi PAD Kendal," Jelasnya.

Dijelaskannya, manfaat yang diperoleh dari program ini, yaitu untuk percepatan perluasan digitalisasi PAD, khususnya pada sektor pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Kendal, sehingga dapat meningkatkan Indeks Kapasitas Fiskal Daerah, kesejahteraan masyarakat, berkontribusi pada kenaikan pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), baik tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional.

"Implementasi Smart Tax Community meliputi lima aspek utama, yaitu pembentukan forum SmartTax Community, Network and Social Connections, penyusunan regulasi perpajakan Daerah, optimalisasi digitalisasi PAD terutama sektor pajak Daerah, dan program capacity building," Tutur Kepala Bapenda Kendal.

Kemudian, untuk Aspek kelima, program capacity building, sebagai sarana pengembangan sumber daya terkait optimalisasi PAD dan percepatan perluasan digitalisasi PAD.

"Adapun kanal yang digunakan dalam implementasi program unggulan ini, yaitu melalui aplikasi e-pajak, billing center, ATM, CMS Bank Jateng, Tokopedia, Shopee, Ovo, dana, QRIS, mitra agen (alfamart, indomaret, kantor pos), dan siskeudes. Sistem nontunai aplikasi e-pajak sudah menggunakan QRIS, disamping bias melalui transfer antar Bank maupun e-wallet (ovo, dana)," jelas Abdul Wahab.

Melalui program inovasi tersebut, pihaknya juga mengungkapkan bahwa Pemkab Kendal telah berhasil meningkatkan PAD yang cukup signifikan. Capaian realisasi Pajak dan Retribusi Daerah Tahun 2023 meningkat dibandingkan dengan capaian Tahun 2022, dimana target tahun 2022 sebesar Rp. 256.100.000.000 terealisasi sebesar Rp. 219.755.209.493 atau 85,81%. Sedangkan, target tahun 2023 sebesar Rp. 268.867.099.980 terealisasi sebesar Rp. 298.327.822.673 atau 110,96%, sehingga terjadi peningkatan realisasi pajak daerah dari tahun 2022 dibandingkan tahun 2023 sebesar Rp. 78.572.613.180.

Atas keberhasilan dalam  meningkatkan PAD dengan Program Inovasi Sinema Om, Pemerintah Kabupaten Kendal  mendapatkan penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, sebagai Kabupaten Terbaik Ketiga se-Indonesia untuk kategori Program Unggulan Terbaik  Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024.

Penghargaan tersebut diterima pada tanggal 23 September 2024 dalam acara Rapat Koordinasi Nasional P2DD Tahun 2024 yang digelar oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Jakarta.(eko)

tag: berita



BERITA TERKAIT