Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Ubah Limbah Plastik di Desa Wonorejo Sragen Jadi Tempat Sampah

images

Jateng

Tim Jateng Report

27 Jul 2024


SRAGEN (Jatengreport.com) - KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2023/2024  yang sedang menjalani KKN di Desa Wonorejo, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, mengadakan program "Transformasi Limbah Plastik menjadi Ecobrick sebagai solusi kreatif untuk lingkungan yang lebih baik”, Sabtu (27/7).

Program ini bertujuan mengurangi limbah plastik dengan mengubahnya menjadi ecobrick, yang kemudian disulap menjadi tempat sampah.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi kepada anggota PKK Desa Wonorejo mengenai pentingnya memilah sampah, terutama limbah plastik. Setelah mendapatkan pemahaman, anggota PKK mulai memisahkan sampah residu plastik, yang kemudian tim KKN UNDIP kumpulkan di Bank Sampah Desa Wonorejo. Tim KKN UNDIP juga mengambil botol plastik dari bank sampah untuk digunakan sebagai wadah ecobrick.

Selama seminggu, tim KKN UNDIP mencuci botol plastik dan sampah residu yang terkumpul, kemudian mencacah dan memadatkannya ke dalam botol plastik. Setelah ecobrick jadi, tim KKN UNDIP merangkainya menjadi tempat sampah berbentuk lingkaran. Hasilnya, sekitar 5 kilogram sampah plastik yang seharusnya dibakar kini memiliki nilai guna.

Anggota PKK sangat antusias melihat hasil yang kami tunjukkan. Buktinya, minggu berikutnya mereka terus memisahkan sampah residu plastik dengan semangat. Program ini tidak hanya membantu mengurangi limbah plastik, tapi juga mengajarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Program ini melibatkan banyak pihak, terutama anggota PKK Desa Wonorejo, yang sangat mendukung upaya tim KKN UNDIP dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. Kami berharap, inisiatif ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk melakukan hal serupa.

tag: jateng



BERITA TERKAIT