Wisata Religi, Mampir ke Sentra Kerajinan Kaligrafi Demak: Kualitas Produk Internasional

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

15 Mei 2023


DEMAK (Jatengreport.com) - Demak kental dengan sejarah penyiaran Islam di Pulau Jawa. Satu dari 35 kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) itu bahkan dijuluki sebagai Kota Wali karena kaya jejak peninggalan wali sanga atau wali sembilan yang aktif berdakwah pada masa awal penyiaran Islam di Pulau Jawa.

Banyaknya jejak peninggalan para wali itu membuat Demak kaya destinasi wisata religi atau wisata ziarah yang hingga kini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Ada beberapa objek daya tarik wisata religi di Kabupaten Demak ini.

Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Rejosari RT 2/RW 4, Kecamatan Mijen, Kabupten Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan perajin seni relief kaligrafi terbuat dari bahan kuningan

Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Demak tidak mengunjungi Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di kota Demak.

Tembus Pasar Internasional

Produk dari desa Karanganyar membanjiri pasar Nasional dan banyak permintaan dari luar negeri  Maka pemasaran mainan tradisional anak-anak ini di ekspor keberbagai negara, karena sudah mempunyai banyak pelanggan di berbagai negara, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, China, Jepang, Amerika, dll. Selain itu Desa Karanganyar juga berpotensi sebagai Desa Wisata atau Kampung Dolanan karena lokasi desa masih banyak persawahan, alami, rumah-rumah tradisional Jawa, dan dolanan tradisional.

 

Salah satu pengusaha permainan anak-anak H. Maskun mengaku selama ini dia sudah sering export ke luar negeri dengan omset yang sangat luar biasa mencapai puluhan juta setiap kali kirim ,dengan dibantu anaknya yang sekarang menuntut ilmu di Pare jawa Timur, kalau dalam negeri biasanya di kirim ke Luar jawa, missal Medan, Kalimantan, Sulawesi setiap pengiriman minimal 1000 pcs dengan jasa expedisi.

Biasa disebut sentra kerajinan mainan anak awal mula dari H. Ibrahim yang dulu sempat bekerja di luar jawa dia mempunya ide untuk mengembangkan bakatnya untuk ketrampilan mainan anak-anak. Usaha itu diawali sejak tahun 70-an hingga sekarang. Omset yang dihasilkan sudah mencapai ratusan juta bahkan milyaran Rupiah.

Pengrajin Karanganyar mengaku kuwalahan setiap menjelang perayaan Tahun Baru, dan pesanan untuk sofenir pernikahan. untuk pesanan lokal maupun export yang membanjiri order mereka hampir diseluruh indonesia sumber dari permainan anak itu dari desa Karanganya.

Daya Tarik Sentra Kerajinan Kaligrafi Demak

Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Demak juga terkenal akan Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Mualim adalah seorang perajin seni kaligrafi kuningan asal Desa Rejosari ini boleh dibilang menekuni profesi itu sejak lama. Apalagi melihat banyak hasil karyanya dipajang di rumahnya itu menunjukkan ia terlihat trampil dan cekatan. Terutama dalam menciptakan seni kaligrafi Arab. Ia juga mahir menggambar Ikan Arwana, Kuda Liar dan binatang lain dalam lembaran plat kuningan ini.

Rute Sentra Kerajinan Kaligrafi Demak

Bagi wisatawan asal kota Demak sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Destinasi Wisata Sentra Kerajinan Kaligrafi di Mijen Demak. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Demk saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Lokasi terletak di Desa Rejosari RT 2/RW 4, Kecamatan Mijen, Kabupten Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut. (adv)

tag: Sentra Kerajinan Kaligrafi Demak



BERITA TERKAIT