Lampaui Target, Jumlah Pengunjung Semarang Zoo Tembus 60.000 saat Libur Lebaran 2023

images

Pariwisata

Tim Jateng Report

08 Mei 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Libur lebaran tahun 2023, taman marga satwa Kota Semarang atau Semarang Zoo, tercatat 60.000 pengunjung, angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin mengatakan angka tersebut jauh melebihi target yang ia tetapkan.

"Perolehan ini melebihi yang kita targetkan, yaitu melebihi pengunjung sebelum pandemi," katanya pada Minggu (7/5).

Ia lantas menjabarkan data pengunjung tiap masa libur lebaran sebelum pandemi pada kisaran 40.000 sampai 50.000 pengunjung. Dari jumlah itu, ia perkirakan mampu menggaet pengunjung rata-rata 6000 sampai 7000 per hari.

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan inflasi harga pasar dengan kemampuan masyarakat. Oleh karena itu ia targetkan secara realistis 8.000 pengunjung per hari.

"Kita targetkan kunjungan pada libur lebaran 2023 pada kisaran 6000 sampai 7000 pengunjung tiap hari. Hasilnya bagus,  flat, stabil ada 8000an pengunjung tiap hari," bebernya.

"Alhamdulillah, jumlah total kunjungan hampir 60.000 pengunjung selama libur lebaran tahun ini," tuturnya.

Secara statistik, lanjutnya, kunjungan wisatawan Semarang Zoo pada momen hari raya umat Islam ini juga lebih baik dari sebelumnya yang mengalami lonjakan dan penurunan secara drastis.

"Kalau dilihat dari kunjungan harian lebih baik karena stabil di angka 8000an, berbeda dengan sebelumnya, ada lonjakan dan penurunan," urainya.

Menurutnya, hasil tersebut tidak lepas dari adanya perbaikan fasilitas secara terus-menerus. Salah satunya pengelompokan satwa dan pembuatan satu jalur akses jalan.

"Adanya satu jalur ini efektif memecah kerumunan pengunjung," ujarnya.

Ia menilai, perbaikan dan pengelompokan satwa dari jenis herbivora dan aves membuat pengunjung lebih mudah untuk menuju lokasi yang diinginkan.

Di sisi lain, sambungnya, adanya berbagai even pasca kembali dibuka dalam masa PPKM juga sedikit banyak berpengaruh pada kunjungan.

"Mereka yang sudah pernah datang setelah adanya perbaikan, tentunya juga tidak ragu mengajak saudara yang mudik untuk liburan di Semarang Zoo," ungkapnya.

Bahkan, program televisi swasta, artis dan youtuber pecinta satwa pun tertarik mengambil konten di Semarang Zoo

Oleh karena itu, dirinya juga mengapresiasi peran pewarta dalam mendukung iklim pariwisata di Semarang. Menurutnya, pemberitaan yang ada cukup efektif memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Sebelum libur lebaran, para wartawan sudah banyak yang datang untuk wawancara. Pada momen tertentu juga banyak yang meliput. Peran media ini sangat luar biasa, dan kami juga tentunya sangat berterima kasih," ucapnya.

"Warga bisa dengan mudah mencari informasi terkait perkembangan Semarang Zoo lewat gadget sebelum libur lebaran," pungkasnya. 

tag: Semarang Zoo , Semarang Zoo , Libur Lebaran 2023



BERITA TERKAIT