Muladi Dome Jadi Pusat Pameran Otomotif Terbesar di Jawa Tengah!

images

Jateng

Bintang

24 Okt 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2024 secara resmi dibuka di Muladi Dome Universitas Diponegoro (UNDIP) Tembalang Semarang, Rabu 23 Oktober 2024.

Pembukaan GIIAS Semarang 2024 dihadiri secara langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Staff Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Doddy Rahadi dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Amirulloh serta Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi, Ketua Penyelenggara GIIAS, Rizwan Alamsjah dan Rektor UNDIP Prof Dr Suharnomo S.E., M.Si.

GIIAS Semarang 2024 ini merupakan penutup rangkaian pameran otomotif di Indonesia yang sebelumnya berlangsung di Kota Bandung, Surabaya dan Tangerang. GIIAS Semarang 2024 ini juga bagian dari pameran otomotif terbesar di Jawa Tengah yang berlangsung mulai tangal 23-27 Oktober 2024.

Saat diwawancara, Rektor UNDIP Prof. Dr.  Suharnomo, S.E.,M.Si. mengaku bangga UNDIP dipercaya menjadi venue (lokasi) Pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS Semarang 2024. Rektor juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak GAIKINDO dan Pj Gubernur Jateng atas kepercayaan ini.

“Saya rasa tadi mas Aiman Witjatsono (Jurnalis atau Pemimpin Redaksi INewsTV) juga merasa takjub UNDIP punya gedung yang sekeren ini. Alhamdulillah orang-orang Jakarta tau bahwa UNDIP punya kualitas dan punya fasilitas yang sangat oke,” ujar Prof Suharnomo usai mendampingi kunjungan di stand-stand pameran mobil, Rabu 23 Oktober 2024.

Rektor juga mengaku, selama mendampingi, dirinya mendapat banyak pujian dari berbagai pihak khususnya penyelenggara GIIAS 2024. Pujian ini hadir saat melihat fasilitas dan kenyamanan yang ada di Gedung Muladi Dome UNDIP yang baru diresmikan April 2024 lalu.

“Pak Yohannes juga bilang, pameran di Muladi Dome paling bagus dibanding tempat-tempat sebelumnya. Sehingga kami sangat bangga. Mudah-mudahan GAIKINDO dalam menggelar pameran ke depan bisa ke UNDIP lagi. Dan mudah-mudahan marketnya juga bagus untuk Jawa Tengah dan semuanya happy,” harap Prof Suharnomo.

Kontribusi UNDIP

Terselenggaranya pameran GIIAS Semarang 2024 di Muladi Dome UNDIP selama 5 hari kedepan mulai tanggal 23-27 Oktober 2024 tidak lepas dari adanya fasilitas dan kenyamanan yang mendukung selama pameran otomotif berlangsung.

Kepala dan Wakil Kepala Badan Pengelola Usaha Bisnis Komersial dan Analisis Resiko (BP UBIKAR) Dr. Andriyani, S.E., M.M. dalam kesempatannya, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak panitia GIIAS 2024 atas kepercayaan ini.

Menurutnya, kepercayaan ini tidak lepas dari fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan di Muladi Dome UNDIP, sangat cocok untuk event sebesar GIIAS ini. Sebab, saat ini Muladi Dome UNDIP ini memiliki luas 5 kali dari luasan gedung yang sebelumnya. Gedung ini bisa menampung sebanyak 5.000 orang untuk di hall dan 250 untuk di tribun. Belum termasuk parkir yang barada di basemet yang sangat luas dan nyaman.

“Selain itu, gedung kami ini satu-satunya yang punya lift mobil. Sehingga ini sangat dibutuhkan dalam pameran-pameran otomotif seperti GIIAS. Jadi wajib punya lift mobil agar proses saat loading dan unloading mobil yang dipamerkan bisa berjalan lancar,” ujar Andriyani saat didampingi Dr. Kartika Widya Utama, S.H.,M.H. sebagai Wakil Kepala UBIKAR.

Direktur Inovasi dan Kerjasama Industri, drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D. juga menambahkan, kepercayaan ini merupakan bentuk partisipasi UNDIP sebagai perguruan tinggi dalam dunia otomotif terutama supaya mendapatkan manfaat dari masyarakat.

“Maka, saat pemeran ini akan ditempatkan di UNDIP, kami terus melakukan koordinasi baik dari Pemprov Jateng maupun Pemkot Semarang untuk melakukan koordinasi dari proses awal tahun 2024 hingga sekarang. Alhamdulillah, hasilnya kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan pameran GIIAS ke depan bisa belanjut hingga 2025, 2026 dan tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi juga mengapresiasi kehadiran GIIAS Semarang 2024 di Muladi Dome UNDIP, yang menjadikan pameran ini salah satu yang terbesar di Jawa Tengah.

“GIIAS Semarang 2024 terasa istimewa karena menempati venue baru di Muladi Dome, dengan luasan lahan mencapai 9000 meter persegi, dengan bangga kami sampaikan bahwa GIIAS Semarang 2024 mencatat jumlah kepesertaan terbanyak dari penyelengggaraan sebelumnya.  Kehadiran peserta yang signifikan ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari industri otomotif terhadap GIIAS Semarang,” tambahnya.

Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, juga mengapresiasi penyelenggaraan GIIAS Semarang yang semakin besar di setiap tahunnya. "Terima kasih dan apresiasi kepada GAIKINDO, UNDIP dan pihak terkait yang telah bekerja keras untuk membuat event ini semakin besar setiap tahunnya,” ujar Pj Gubernur Jateng.

Sebagai informasi, GIIAS Semarang 2024 ini diikuti sebanyak 19 merek otomotif global berpartisipasi dalam GIIAS Semarang 2024, terdiri dari 14 merek kendaraan penumpang, yaitu BAIC, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Untuk kendaraan komersial, Toyota Commercial turut hadir. Di kategori roda dua, hadir 4 merek, yakni Alva, Exotic, Pasific, dan Polytron. Selain itu, lebih dari 25 merek industri pendukung turut meramaikan pameran ini.

Selain pameran kendaraan terkini, GIIAS Semarang 2024 juga mendapat dukungan dari Shell Helix sebagai sponsor, yang menghadirkan berbagai aktivitas menarik selama pameran berlangsung.

tag: Muladi Dome



BERITA TERKAIT