Mahasiswa KKN Undip di Desa Banyuanyar Surakarta Susun E-Book GERMAS untuk Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat

images

Jateng

Tim Jateng Report

16 Agt 2024


SURAKARTA (Jatengreport.com) -  Tim II KKN Undip 2024 susun sebuah E-Book yang berisi panduan dan indikator GERMAS. E-Book ini mencakup 9 indikator GERMAS, yaitu, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, memberikan ASI eksklusif kepada bayi, menghindari asap rokok, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan jamban sehat, menghindari konsumsi alkohol, serta memanfaatkan pekarangan dan meningkatkan konsumsi makanan yang bervariasi, bergizi seimbang, dan aman.

GERMAS merupakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta telah mengeluarkan Peraturan Walikota Surakarta Nomor 4.1 Tahun 2021 mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kota Surakarta. Gerakan ini merupakan inisiatif dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. GERMAS bertujuan untuk mendorong perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan

Mahasiswa KKN Undip, Nadia Falah Ayesha mengungkapkan bahwa e-book GERMAS sudah dilengkapi dengan berbagai sumber terpercaya dan disajikan secara ringan dalam bentuk poster dengan link bit.ly atau barcode sehingga masyrakat lebih dapat mudah mengakses.

"E-Book GERMAS ini dilengkapi dengan sumber yang terpercaya dan disajikan dalam bentuk poster dengan link bit.ly atau barcode untuk memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya," ungkap Nadia, Jumat (16/8)

"Penyusunan E-Book dan poster ini memakan waktu satu minggu sebelum diserahkan kepada Puskesmas Banyuanyar untuk diperiksa dan disetujui. Poster dibuat untuk mempromosikan E-Book GERMAS, dengan tujuan agar pembaca dapat memahami inti dari isi E-Book tersebut." tambahnya

Diharapkan, dengan adanya E-Book GERMAS ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya pola hidup sehat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengurangi risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

.

tag: jateng



BERITA TERKAIT