Operasi Zebra Candi 2023 Dimulai, Polisi Tetapkan 9 Target Pelanggar

images

Hukum

Tim Jateng Report

04 Sep 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho menekankan 4 tujuan dalam melaksanakan Operasi Zebra Candi 2023 yang akan dilakasanakan selama dua pekan mulai (4-17/9).

Pihaknya menjelaskan dalam operasi itu memilik 4 tujuan yakni bagaimana bisa menurunkan angka pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kemudian bagaiamana meningkatkan ketertiban masyrakat dalam berlalu lintas dan menciptakan trust publik kepada Polri dalam menangani pelanggaran dengan preemtif, prefentif, edukatif dan humanis," ungkap Agus usai memimpin apel di Mapolda Jateng, Senin (4/9).

Lebih lanjut ia membeberkan dalam operasi yang diadakan secara serentak ini akan menargetkan 9 pelanggaran terhadap pengguna jalan.

"9 yang kami targetkan yakni pengemudi yang terindikasi memakai narkoba, tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak memakai helm, pengendara dibawah umur, melanggar marka, melanggar apil, pengguna jalan melawan arus, pelanggaran berbonceng tiga, dan penegakan hukum balap liar," beber Agus

Agus menegaskan tidak ada anggota polisi yang menggelar razia di jalan secara stasioner, penindakan dilakukan secara mobile maupun hunting dengan 80% dilakukan secara ETLE/ tilang elektronik.

"Selain menggunakan Etle Statis, Etle Mobile dan penindakan secara manual, Polda Jawa Tengah dan jajaran akan menggunakan Etle Mobile Drone untuk memberikan efek jera kepada pelanggar lalu lintas di Wilayah Hukum Polda Jawa Tengah," tuturnya.

Dirinya juga menambahkan kepada jajaran bahwa tujuan pelaksanaan Operasi Zebra yakni menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Jadi Operasi Zebra Candi yang digelar bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi wujud kecintaan Polri kepada Masyarakat sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas maupun fatalitas korban laka di jalan,” imbuh Agus. 

tag: Dirlantas Polda Jateng , Operasi Zebra Candi 2023



BERITA TERKAIT