Meriahnya Kirab Budaya Sambut Tahun Baru Islam 1445 H di Desa Sojomerto Kendal

images

Jateng

Eko Purwanto

19 Jul 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - Pemerintah desa Sojomerto Kecamatan Gemuh menggelar acara kirab budaya desa dalam rangka menyambut tradisi tahun baru islam 1445 H tahun 2023, Selasa (18/7/2023).

Ngruwat desa merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan warga masyarakat desa Sojomerto untuk menyambut tahun baru Islam 1445 H, dengan harapan warga dijauhkan dari balak penyakit dan diberikan kesehatan juga diberikan kelimpahan pada saat panen. Hal tersebut disampaikan kepala desa Sojomerto Ridu Rimbawanto disela kirab budaya.

Kepala desa Sojomerto Ridu Rimbawanto mengatakan, kirab budaya diikuti seluruh warga masyarakat desa Sojomerto mulai dari Rw01 hingga Rw08, sambil membawa obor berjalan memutari desa Sojomerto.

"Saya sangat bangga sekali dengan kekompakan warga, semoga kedepan lebih kompak lagi lebih meriah lagi dalam menyambut tahun baru islam,"ungkap Kepala desa Ridu Rimbawanto.

Ridu Rimbawanto berharap, kirab budaya ini mampu menumbuh kembangkan nilai budaya adat jawa serta para kaum milinial dapat meneruskan dan menjaga kelestariannya.

"Kaum milineal harus bisa menjaga dan melestarikan adat ini, karena bentuk kita mencintai tanah air indonesia ini dengan menjaga dan melestarikan budaya,"harap Ridu.

tag: Sambut Tahun Baru Islam 1445 H , Desa Sojomerto Kendal



BERITA TERKAIT