Wisata Pantai Kartini Rembang Banyak Simpan Situs Sejarah

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

31 Mar 2023


REMBANG (Jatengreport.com) - Taman Rekreasi Pantai Kartini terletak strategis pada jalur jalan raya Semarang-Surabaya yang menawarkan pemandangan laut dan telah dilengkapi dengan beragam fasilitas, antara lain kolam renang, fliying fox, outbond kid, kebun binatang mini, istana bola, banana boat, dan permainan anak lainnya.

Sejarah Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini pada awalnya dipakai tempat pemantauan arus lalu lintas kapal, tempat para nelayan transit, dan juga pusat kegiatan sedekah laut bagi masyarakat setempat.

Lokasi TRP Kartini berada di kawasan kota pada jalur jalan raya Semarang–Surabaya, dengan luas areal 17.190 meter persegi. Taman Rekreasi Pantai Kartini dengan latar belakang pemandangan laut bisa digunakan untuk tujuan rekreasi bersama keluarga karena tempatnya yang luas serta dengan hembusan angin panti sepoi-sepoi.

Di samping itu, seperti dilansir dari laman dinbudpar.rembangkab.go.id, di dalam taman ini terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak anak serta kebun binatang mini sebagai sarana edukasi kepada pengunjung.

Pantai Kartini adalah ikon kebanggaan Kota Rembang. Obyek wisata yang terletak Di Desa Tasikagung Kec. Rembang, semakin ramai oleh wisatawan, terlebih di hari libur nasional atapun kalender pendidikan.

Posisinya yang  berada di jalur padat Semarang-Surabaya, menjadi tempat yang mengasyikkan untuk singgah mengistirahatkan diri bagi yang sedang melakukan perjalanan darat.  

Meski namanya tidak setenar Pantai Pangandaran Jawa Barat, dan jumlah wisman pun bisa dihitung dengan jari setiap tahunnya, tapi bagi sebagian besar wisatawan ‘interlokal’ (maksudnya kota tetangga sekitar), keberadaan Pantai Kartini masuk nominasi kuat sebagai daerah tujuan wisata bagi  keluarga yang pergi berlibur.

 

Apalagi beberapa tahun belakangan ini, Pantai Kartini terus berbenah, merias diri, menata ulang dan  menambah fasilitas bagi kenyamanan pengunjung sehingga betah berlama-lama menikmati setiap pesona yang dihidangkan obyek wisata yang pantas disebut situs sejarah ini.

Jangkar Dampo Awang

Fasilitas yang disediakan di tempat ini ada kamar mandi, pusat oleh-oleh, spot foto menarik, perahu wisata, dan masih banyak lagi .

Pantai Kartini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pemkab Rembang. Wisata ini menawarkan pemandangan laut dan telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kolam renang, fliying fox, outbond kid, kebun binatang mini, istana bola, banana boat, dan permainan anak lainnya.

Pada bulan Syawal, atau sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, diadakan upacara syawalan/kupatan yang dikunjungi ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Di lokasi ini juga terdapat Jangkar Dampo Awang berukuran 4,22 meter, lembar 2,80 meter dan lingkar badan 60 cm milik pelaut Tiongkok yang menurut ceritanya terlibat perselisihan dengan Sunan Bonang.

Pantai Kartini Rembang setiap harinya buka jam 08.00–16.00 WIB. Sementara untuk harga tiket: Senin–Sabtu sebesar Rp. 3.000 dan hari Minggu atau hari libur Rp. 3.500, di luar tiket parkir.

Syawalan

Setahun sekali, terdapat tradisi syawalan, tepat seminggu setelah Hari Raya Lebaran Idul Fitri, yang dipusatkan di Pantai Tasikagung. Momen inilah puncak keramaian Pantai Kartini,  di saat euphoria berlebaran warga Rembang dan kota-kota sekitarnya masih meluap-luap setelah menjalani ibadah puasa sebulan penuh. 

Area seluas 5 ha seakan tak mampu menampung pengunjung yang meluber, larut merayakan tradisi syawalan. Dan yang menjadi tujuan nomor wahid bersyawalan adalah lomban, naik perahu layar berjamaah hingga ke daratan nusa  nan eksotis, yakni Pulau Marongan, kurang lebih berjarak 5 mil dari pantai Kartini.

Maka, tepatlah jika aku memilih TRP Kartini Rembang sebagai tempat menjalin kedekatan dengan anak, mengentertain mengisi dunia kecilnya dengan bermain dan menghadirkan aura keceriaan, dan sekaligus mengenalkan buah hatiku terhadap alam lingkungan.  (adv)

tag: Wisata Pantai Kartini Rembang



BERITA TERKAIT