Rekomendasi Liburan di Pemalang, Bukit Tangkeban: Simpan Banyak Keindahan

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

30 Mar 2023


PEMALANG (Jatengreport.com) – Bukit Tangkeban adalah kawasan wisata di dataran tinggi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet. Menghadirkan area bermain dan berkemah di alam terbuka. Pengunjung bisa menikmati aneka kegiatan rekreasi berselimut udara yang sejuk.

Selain itu, Bukit Tangkeban juga populer karena ‘Taman Langit’-nya. Taman Langit adalah sebuah taman yang penuh dengan dekorasi kreatif. Taman ini menjadi arena swafoto yang sejauh ini mengundang banyak wisatawan lokal. Salah satu spot favorit ialah Jembatan Langit dengan pemandangan Gunung Slamet.

Bukit Tangkeban merupakan salah satu tempat wisata yang terjangkau bagi semua kalangan. Pengunjung tidak perlu membayar mahal untuk rekreasi di sini.

Taman Langit

Taman langit menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung semua kalangan baik anak-anak, kaum muda, kaum pelajar hingga orang dewasa. Siapapun dapat menikmati aneka wahana yang ada di Taman Langit. Untuk dapat masuk ke Taman Langit, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Di sini banyak sekali terdapat spot foto-foto keren, yaitu:

Jembatan Kaca. Jembatan kaca ini merupakan spot foto dengan latar belakang Gunung Slamet yang berdiri megah. Nikmati spot ini saat cuaca cerah dan latar belakang Gunung Slamet dapat terlihat jelas;

Untuk pengunjung yang suka ala Korea atau Jepang, di sini juga disediakan penyewaan baju-baju korea serta spot foto ala Korea.

 

Taman Kelinci. Untuk bermain anak, di Taman Langit ini ada wahana Taman Kelinci. Kita bisa melihat kelinci dan memberi makan juga. Ada juga wahana sepeda gantung. Selebihnya adalah spot-spot foto dengan pemandangan yang keren.

Sirkuit ATV. Di Bukit Tangkeban ini tersedia juga area ATV dengan panjang sirkuit sekitar 60 m. Kita dapat menikmati ATV ini dengan tiket terpisah.

Tangkeban Park

Wahana selanjutnya adalah Tangkeban Park. Di sini terdapat kolam renang dan arena bermain anak. Tangkeban Park dikhususkan untuk anak-anak. Di area Tangkeban Park juga ada beberapa fasilitas penunjang, antara lain:

Area Camp. Sejak dibuka pada tahun 2017 lalu, Bukit Tangkeban memang menjadi salah satu lokasi favorit untuk nge-camp. Saat ini sudah disediakan lahan yang sangat luas untuk ngecamp dengan kapasitas 150 tenda.

Homestay. Selain nge-camp, di Bukit Tangkeban juga disediakan home stay untuk menginap. Ada tiga  home stay dengan kapasitas masing-masing homestay dapat menampung 5 orang. Homestay ini terdapat di dekat area nge-camp.

AR Café. Selain untuk berfoto, nge-camp, bermain ATV atau bermain di Tangkeban Park, kita juga bisa menikmati kopi dan aneka makanan di sudut kafe, AR Cafe. Kafenya lumayan luas dan memiliki kapasitas yang besar. Ada dalam ruangan, dan luar ruangan.

Di sebelah timur bahkan lokasi untuk nongkrongnya pun keren dengan pemandangan bukit. Buat yang mau ada acara kantor bisa juga gunakan aula khusus dengan view indah pemandangan sekitar.

Sirkuit Muntil. Sekarang ini dibuka Sirkuit Muntil. Sirkuit ini untuk ajang ketangkasan offroader. Dengan panjang kurang lebih 200 meter.

 

Wahana Naik Kuda. Pengunjung dapat menikmati area Bukit Tangkeban dengan naik kuda.

Fasilitas dan Tiket

Di samping wahana-wahana di atas, destinasi wisata Bukit Tangkeban juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti secretariat, toilet (dua blok di area parkir dan area camping), lahan parkir (3 lokasi yaitu bagian bawah, dan dua bagian atas untuk mobil dan motor), mushola (2 lokasi di samping area parkir mobil dan di Taman Langit), aula, kios makanan dan minuman (ada 12 kios)

Untuk rincian atau daftar harga tiket adalah sebagai berikut: Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 10.000, Tiket masuk Taman Langit Rp 10.000 Tiket naik sepeda gantung Rp 10.000, Tiket ayunan gantung Rp 5.000.

Kemudian tiket naik kuda: Rp20.000, tiket ATV Rp 20.000, sewa tenda Rp 75.000/malam (kapasitas 4 orang) dan sewa homestay Rp 150.000/malam (kapasitas 6 orang). (adv)

tag: Bukit Tangkeban , Pemalang



BERITA TERKAIT