Xi Jinping Kembali Jadi Presiden Ketiga Kalinya

images

Politik

Ronald

12 Mar 2023


JAKARTA (Jatengreport.com) - Xi Jinping kembali terpilih sebagai Presiden China setelah memperoleh 2.952 suara bulat pada pemungutan suara dalam Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14 di Balai Besar Rakyat, Beijing.

Xi menorehkan sejarah baru sebagai presiden yang menjabat sebanyak tiga kali di CHina. Para pengamat menyebutkan pemilihan yang digelar di Balai Besar Rakyat itu disebut hanya formalitas belaka.

Jabatan presiden di negeri tirai bambu itu hanya dianggap sebagai gelar 'seremonial', kekuasaan justru tak dipegang presiden. Mereka menilai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China dan kepala militer yang menjadi decision maker di negara itu.

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Xi Jinping yang kembali menjadi Presiden China. Presiden memandang China sebagai mitra strategis.

Ia berharap Indonesia-China dapat terus memperkuat kerja sama untuk misi perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Selamat Presiden Xi Jinping atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Rakyat China. Sebagai mitra strategis, mari kita terus memperkuat kerja sama kita untuk kemakmuran kedua negara dan melanjutkan kontribusi kita untuk perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujar Presiden, Sabtu malam (11/3).

tag: jokowi , xi jinping



BERITA TERKAIT