Grand Final ICJESS di Semarang, Perebutkan Satu Tiket Go International ke Singapore

images

Nasional

Tim Jateng Report

12 Mar 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Ajang Grand Final Indonesia E Sports Association (IESPA) Central Java E-Sports Summit (ICJESS) 16 team memperebutkan satu tiket go Internasional ke Singapore, yang nantinya akam dikirim untuk mewakili Indonesia bertanding Player Unknown Batle Grounds (PUBG) mobile bersama team Indonesia lainnya.

B.R.M Suryo Adhityo Nuswantoro Ketua umum IESPA Jawa Tengah mengatakan IESPA Central Java E-Sports Summit (ICJESS) merupakan ajang kompetisi E-Sports terbesar di Provinsi Jawa Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas berkompetisi para pegiat olahraga elektronik dan untuk membangun hubungan kerjasama antara komunitas E-Sports yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan Komunitas E-Sports yang ada di Asia.

"ICJESS Series I adalah event yang diselenggarakan oleh IESPA Provinsi Jawa Tengah yang berkerjasama dengan komunitas E-Sports Singapore. Keseluruhan peserta event ini ada 78 team semua dari seluruh Jawa Tengah, dan yang lolos ke Grand Final hari ini ada 1 team dan ada satu invitation dari Semarang, yang merupakan salah satu team yang dikirim ke Pornas E-sport tahun lalu, juara Porda Jateng E-sport tahun lalu dan wakil Jawa tengah yang tampil di PUBG Mobile Profesional League (PMPL)," tuturnya di Tentrem Mall Semarang Jawa Tengah, Sabtu (11/3).

 

Lanjutnya, juara utama pada ICJESS Series I Singapore ini nantinya akan mewakili Indonesia menuju pertandingan di Singapore untuk satu team, dan akan berangkat bersama team invited Semarang Jawa Tengah. Nantinya di Singapore akan ada exhibition match, ada 8 team dari Singapore dan 8 Team dari Indonesia termasuk juara hari ini.

Semntara itu, R.M. Ibnu Sulistyo Riza Pradipto Ketua Umum IESPA Nasional menambahkan bahwa PUBG E-sport merupakan penyumbang medali emas terbanyak saat SEA Games 2022, dan cabang E-sport ini juga menoreh prestasi yang bagus team Indonesia juga pernah meraih juara dunia PUBG Mobile E-sport.

"Kebetulan saya SEA Games tahun lalu jadi ketua badan timnas E-Sport Indonesia, jadi saya mantan badan SEA Games di Vietnam kemarin. Nah kita dapatkan medali emas dari pubg mobile. Pubg mobile adalah salah satu divisi esport yang paling banyak penyumbang medali dan berprestasi, bahkan team Indonesia pernah menyabet juara dunia," tuturnya saat hadir dalam IESPA Central Java E-Sports Summit (ICJESS) di Tentrem Mall Semarang.

Dirinya berharap, eksistensi E-sport mobile Indonesia perlu dijaga kedepanya, denga cara sebuah pembinaan seperti IESPA Jawa Tengah. Pembinaan ini melalui program-program IESPA Nasional tentunya akan banyak seperti contoh Liga Nasional E-Sport, Kejuaraan antar daerah hingga turnamen sekolah hingga universitas.

Persiapan SAE Games mendatang E-sport Indonesia sudah matang mempersiapkan team, dan diharapkan SEA Games 2023 ini mampu memborong medali emas lebih banyak dari tahun lalu.

Disisi lain, Rafif Muhammad Bendahara Umum IESPA Nasional mengatakan bahwa E-sport secara nasional tak hanya menciptakan atlet saja, namun dengan E-sport juga mampu menumbuhkan ekonomi di segaka sektor yang berhubungan dengan E-sport.

"Ketika kita bicara E-sport, maka kita bisa bicara lebih luas tidak hanya sekedar kompetisi, Kita bicara hobby, prestasi, bahkan industri. Seperti yang selalu didorong IESPA, dan sesuai arahan ketum kita mas Ibnu yang juga dewan pembina pbsi, bahwa sinergitas antara stakeholder, baik dari tim dan lainya harus dijaga sehingga industrinya pun bertumbuh meningkatkan ekonomi Indonesia," ungkapnya.

"Saat ini esport di Indoensia secara industri mungkin baru direalisasi hanya 20 hingga 30 persen saja, dan bagaiamana stakeholder bersama dan mendorong industri E-sport yakni salah satunya momentum liga nasional," tambahnya. 

tag: Tiket Go International ke Singapore , Grand Final ICJESS



BERITA TERKAIT