Kunjunga ke Kota Semarang, Menteri BUMN Erick Akan Kembangkan Aset di Kota Lama

images

Pariwisata

Tim Jateng Report

22 Jan 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) -   Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong BUMN untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan nilai aset – aset milik perusahaan negara agar mampu mendongkrak pariwisata lokal.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengunjungi Kota Lama Semarang untuk menyaksikan pertunjukan video mapping di bekas gedung Jiwasraya atau tepat di seberang Gereja Blenduk, Sabtu (21/1).

Erick Thohir yang ditemani Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengajak pengunjung Kota Lama Semarang menyaksikan atraksi lampu LED yang menyorot dinding Gedung Jiwasraya.

Erick Thohir menyatakan bangunan di Jalan Letjen Soeprapto itu lebih baik dikembangkan ketimbang hanya menjadi pandangan semata.

"Daripada aset ini diam, justru akan kami kembangkan. Supaya wilayah yang punya sejarah ini generasi muda kita bisa kembali belajar mengenai sejarah. Jangan hanya dijadikan pandangan saja," ujar Erick.

BUMN didorong untuk terus memaksimalkan UMKM dan merk lokal. Karena disana ada pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan.

“Dan ini era yang muda-muda, yang harus didorong agar Indonesia menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia,” ujar Erick.

Dia mendukung langkah PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, yang telah melaksanakan program pengembangan aset – aset BUMN di Kota Lama Semarang. Salah satunya adalah dengan mengubah sebuah gedung berarsitektur kuno menjadi hotel bintang 4 tepat di tengah kawasan Kota Lama.

“(Kota Lama Semarang ini, sudah) Seperti tidak di Indonesia,” ungkap Erick.

Erick mengatakan dengan semakin banyak gedung milik BUMN yang dimanfaatkan terutama di kawasan Kota Lama maka diharapkan bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk terus datang berkunjung ke Kota Lama.

"Kita bangun tempat-tempat sejarah dan kita dorong wisata lokal sekaligus membuka UMKM, pembukaan lapangan kerja. Nanti tempat ini kalau bisa pohon-pohonnya dikasih lampu jadi lebih menarik. Ini nanti Jiwasraya juga akan jadi hotel," bebernya.

Direktur Umum InJourney, Dony Oskaria mengatakan InJourney yang merupakan BIKN Holding Industri Pariwisata memang sengaja memilih Kota Lama untuk dikembangkan karena dinilai memiliki potensi yang luar biasa. Nantinya, lanjut Dony, aset-aset BUMN alm dikelola untuk bisa mendongkrak kunjungan wisata.

"InJourney akan melakukan koordinasi untuk optimalisasi pemanfaatan aset-aset BUMN Kota Lama Semarang sekaligus mengembangkannya untuk meningkatkan traffic kunjungan di sana. Nantinya pengembangan kawasan Kota Lama Semarang akan meliputi pembangunan pusat perbelanjaan, cafe, hotel, restoran dan lainnya yang terintegrasi sehingga menciptakan daya tarik bagi wisatawan," tutur Dony.

tag: Walikota Semarang , Aset di Kota Lama , Menteri BUMN Erick



BERITA TERKAIT