Waket DPRD Jateng Ferry Wawan: Anugerah Meritokrasi Jateng Semakin Mengedepankan Kompetensi

images

Jateng

Tim Jateng Report

07 Des 2022


SEMARANG (Jatengreport.com) - Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengapresiasi ajang anugerah Meritokrasi Jawa Tengah 2022. Menurutnya, dengan meritokrasi yang lebih dikedepankan adalah kompetensinya.

Baru-baru ini, Pemprov Jateng memberikan anugerah pada 12 kabupaten/ kota yang berhasil membina pegawai melalui sistem merit. Pihaknya berharap dengan adanya penghargaan ini, ke depan sistem pembinaan akan semakin berkualitas. Sehingga, melahirkan ASN yang semakin profesional, netral, mampu menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, melalui teknologi informasi.

“Penghargaan Meritokrasi, ini adalah buah dari keberhasilan Reformasi Birokrasi, bukan target yang hendak dicapai. Karena tujuan utama dari keberhasilan Reformasi Birokrasi adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Anugerah, ini juga pertanda bahwa MPR siap menjalankan tatalaksana pemerintahan sarwo (serba) elektronik. Membuang jauh-jauh penggunaan kertas dan mewujudkan sistem korespondensi berbasis digital," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jateng Sumarno mengatakan, prinsip meritokrasi adalah menempatkan pegawai sesuai kompetensinya. Hal itu, menurutnya, sudah dilakukan oleh Pemprov Jateng sejak lama, di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo.

“Kalau pola lama kan tidak (berdasar kompetensi), tapi lebih berdasar unsur kedekatan atau urut kacang (senioritas). Namun dengan meritokrasi yang lebih dikedepankan adalah kompetensinya,” ucapnya.

Sumarno menggarisbawahi, para penerima anugerah meritokrasi jangan lantas berbangga diri. Sebab, anugerah tersebut bukan sekadar predikat, tapi menuntut aksi nyata.

“Yang sudah mendapatkan predikat ini kita tentu akan memantau, karena predikat ini tidak ada artinya jika tidak diterapkan dalam pelaksanaannya,” ujar dia. (adv/anv)

tag: Ferry Wawan Cahyono , Anugerah Meritokrasi Jateng



BERITA TERKAIT