Pupuk Indonesia Niaga Dukung “AKSI” PI GROUP

images

Nasional

Bintang

03 Okt 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - PT Pupuk Indonesia Niaga anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam memberi kontribusi kepada masyarakat khususnya para petani, dengan mendukung Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Ajang Kolaborasi Seluruh Insan (AKSI) program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diselenggarakan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero).

Program ini diadakan di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, fokus pada Aksi Pertanian, Aksi Sosial, Aksi Lingkungan dan Aksi Pendidikan, diharapkan memberikan manfaat optimal bagi komunitas sekitar, berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 September 2024.

Melalui program ini, sebanyak 100 karyawan dari seluruh anak perusahaan Pupuk Indonesia terlibat langsung dalam pendampingan kepada para petani di Desa Dieng Kulon.

Sementara PT Pupuk Indonesia Niaga sendiri mengirimkan karyawannya untuk berpartisipasi dalam 4 kegiatan AKSI ini yakni AKSI Pertanian, Pendidikan, Lingkungan, dan Sosial.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pupuk Indonesia, Tina T Kemala Intan, mengatakan, melalui AKSI ini, karyawan tidak hanya bertugas untuk memperoleh pendapatan dan mencari keuntungan tapi juga memperhatikan masyarakat dan lingkungan yang berkaitan dengan bisnis, juga mendapatkan manfaat dari Pupuk Indonesia.

"Hal ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN untuk memperhatikan dan memberikan manfaat bagi lingkungan, terutama terkait dengan pendidikan dan peningkatan kompetensi masyarakat setempat.”

Pemilihan Desa Dieng Kulon sebagai lokasi sasaran inisiatif AKSI ini didasari oleh potensi pertanian lokal, dengan luas lahan pertanian komoditas kentang mencapai 163.000 hektar, 23 usaha pertanian pangan, 593 usaha hortikultura, 99 usaha peternakan, 34 usaha kehutanan, 4 usaha perkebunan dan 1 usaha perikanan.

Selain itu, jumlah populasi usia produktif yang mencapai lebih dari 2.000 penduduk juga dapat menjadi penggerak bagi perekonomian lokal jika mampu berdaya secara optimal.

Oleh karena itu, program AKSI yang tersebar dalam 4 fokus yaitu pertanian, pendidikan, lingkungan, dan sosial diharapkan dapat memberikan manfaat optimal bagi komunitas sekitar. Program ini tak hanya menargetkan terciptanya dampak positif kepada masyarakat, namun juga nilai bagi perusahaan.

Program AKSI juga berkolaborasi dengan 24 stakeholder yang terdiri dari pemerintah, petani, distributor, hingga anak perusahaan guna menciptakan ekosistem yang terintegrasi dengan rantai nilai perusahaan.

Melalui strategi ini, para petani lokal dapat meningkatkan produktivitas mereka melalui ketersediaan pupuk di berbagai kios terdekat, hingga pengelolaan limbah organik yang dapat memberikan nilai ekonomi tambah.

Dengan adanya program ini, PT Pupuk Indonesia Niaga berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa Dieng Kulon dan sekitarnya, serta memperkuat hubungan antara anggota PI Group dan komunitas lokal.

tag: berita



BERITA TERKAIT