Pilkada Jateng, KPU Gelar Tiga Kali Debat Cagub-Cawagub

images

Politik

Tim Jateng Report

10 Okt 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah akan berlangsung tiga kali di Kota Semarang sebagai salah satu tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jateng, Handi Tri Ujiono, mengatakan bahwa lembaganya akan menggandeng media televisi untuk menyiarkan debat terbuka pasangan calon peserta Pilkada Jateng.

Seperti diketahui, Pilkada Jateng akan diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen.

Handi memaparkan, debat pertama dijadwalkan pada 26 Oktober yang disiarkan di Inews TV, debat kedua pada 10 November yang dapat disaksikan masyarakat melalui Kompas TV, dan debat ketiga dijadwalkan pada 20 November yang ditayangkan di TV One.

Saat ini, menurut Handi, KPU Jateng juga masih menyusun tim perumus yang akan menyusun mekanisme teknis pelaksanaan debat, termasuk tema yang diangkat dan tim panelis.

"Terkait debat, kami menyusun tim perumus yang nanti akan mempersiapkan tentang mekanisme teknis debat, termasuk usulan panelis. Termasuk juga mempersiapkan lokasi yang akan digunakan debat dan berkomunikasi dengan televisi penyiaran yang dipilih KPU," kata Handi, Rabu (9/10/2024).

Handi mengatakan bahwa tim perumus terdiri atas kalangan profesional dan akademisi, serta perwakilan dari kelompok rentan atau minoritas, seperti kaum perempuan dan difabel.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi yang diusung PDI Perjuangan dengan nomor urut 1.

Kemudian nomor urut 2 pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang didukung sembilan partai politik, yakni Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

tag: berita



BERITA TERKAIT