SCU Semarang Menjadi Pusat Penelitian Jamu bagi Mahasiswa Internasional

images

Jateng

Bintang

03 Okt 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Soegijapranata Catholic University (SCU) baru saja menyambut kedatangan mahasiswa asing yang melanjutkan studi di kampusnya. Acara penyambutan diadakan pada Kamis, 2 Oktober 2024, di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU Bendan, dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Bisnis, Dr. R. Probo Y. Nugrahedi, bersama pihak International Affairs and Cooperation Office (IACO).

Tahun ini, SCU menerima 10 mahasiswa asing, di mana 4 di antaranya merupakan peserta Program Darmasiswa. Mereka adalah Yuki Matsumoto dari Jepang, Taysir Slimi dari Tunisia, Rajo Nirina R. dari Madagaskar, dan Nikita Emamjomeh dari Iran.

Selama kurang lebih dua semester, dari September 2024 hingga Juni 2025, mereka akan mengikuti kelas di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), khususnya mata kuliah Indonesian Cuisine dan Indonesian Jamu.

Ketertarikan terhadap jamu menjadi salah satu alasan utama mereka memilih SCU sebagai tempat studi. Taysir mengungkapkan bahwa SCU adalah satu-satunya universitas yang menawarkan studi tentang jamu.

Yuki, yang pertama kali mengunjungi Indonesia pada 2023, sangat tertarik untuk mendalami jamu dan sejarahnya. Ia berharap dapat mengembangkan riset lebih dalam tentang jamu setelah kembali ke Jepang.

“Pertama kali mencoba jamu di Yogyakarta waktu itu. Saya banyak mencoba berbagai macam jamu ketika di sana. Sangat menarik, minumannya sangat disukai mayoritas masyarakat Indonesia dan mempunyai perjalanan sejarah yang panjang,” kesan mahasiswa Keio University Jepang itu

Ia mengenang pengalaman pertamanya mencoba jamu di Yogyakarta, yang membuatnya terkesan karena minuman tersebut sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan memiliki sejarah yang panjang.

Selain mempelajari makanan dan minuman tradisional Indonesia, mahasiswa asing ini juga berkesempatan untuk mengenal lebih dalam budaya dan tradisi Indonesia. Mereka akan mengikuti mata kuliah Indonesian Tradition and Multi-Ethnicity bersama mahasiswa Program Internasional.

Di samping Program Darmasiswa, SCU juga menerima 5 mahasiswa baru dari Timor Leste dalam program reguler. Mereka terdiri dari Carlos Ricardo Lay (Kedokteran), Jesuino Nesi Alegria Soares (Manajemen), Jose Johanes Alessandro Alves (Sastra Inggris), Maria Antonia Lay Corbafo (Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan), dan Maria Imaculada Sarmento (Ilmu Komunikasi).

Selain itu, Nicolas Putra Davide Magini dari Italia juga bergabung dalam Program International Accounting di IUP SCU tahun ini.

Dengan adanya program-program ini, SCU berkomitmen untuk mendukung pengembangan riset dan pemahaman lintas budaya, terutama dalam hal tradisi Indonesia yang kaya.

tag: berita



BERITA TERKAIT