Peringatan Hari Statistik Nasional, BPS Kendal Dorong Penggunaan Data Akurat untuk Kesejahteraan Bangsa

images

Jateng

Tim Jateng Report

02 Okt 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati tanggal 26 September untuk memaknai pentingnya peran statistik bagi pembangunan bangsa, salah satunya sebagai acuan bagi pengambil kebijakan untuk mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia.

HSN 26 September bukan peringatan hari jadi BPS, melainkan hari diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Pada peringatan HSN 2024, Badan Pusat Statistik (BPS) mengusung tema "Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas". Tema ini menekankan pentingnya data statistik untuk membangun Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai "Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan".

Rangkaian kegiatan HSN 2024 di BPS Kabupaten Kendal berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan mulai dari kegiatan apel peringatan Hari Statistik Nasional 2024 pada tanggal 26 September 2024 dan dilanjutkan dengan gebyar HSN tahun 2024, kemarin (30/9) di Agro Wisata Tirtoarum Baru Kendal.

Gebyar Hari Statistik Nasional dilaksanakan dengan melibatkan peserta sebanyak 89 orang yang terdiri dari seluruh pegawai BPS Kabupaten Kendal, Mitra Statistik, dan juga outsourching. Selain itu dihadiri Hafid Basmallah selaku Branch Manager BSI KCP Weleri beserta jajarannya dan juga Lukman Sudiatmoko selaku Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Progam Baperlitbang Kabupaten Kendal beserta staf.

Gebyar HSN 2024 kali ini diisi dengan berbagai macam lomba menarik dan kompetitif yang telah disiapkan, diantaranya snack ball, estafet balon, mengeluarkan bola dari keranjang dengan stik balon, memindah bola dengan tali, dan permainan suite. Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetitif, tetapi juga menumbuhkan kekompakan antar anggota tim dan hiburan bagi seluruh peserta yang terllibat.

Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan hadiah menarik untuk pemenang pada setiap permainan. Selain itu, seluruh peserta membawa bingkisan burupa non makanan untuk bertukar kado dengan sesama peserta untuk menambah semarak suasana HSN 2024 kali ini dan masih banyak lagi doorprize dari Bank Syariah Indonesia KCP weleri.

Kepala BPS Kabupaten Kendal, Ade Sandi Parwoto menyampaikan dalam sambutannya bahwa Hari Statistik Nasional bukan hanya milik BPS tetapi milik seluruh insan perstatistikan yang ada di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap seluruh peserta baik itu pegawai, mitra statistik, dan outsourching dapat semakin solid dan siap memberikan yang terbaik dalam pelayanan publik serta penyediaan data statistik yang akurat, "ungkapnya.

Ade Sandi Parwoto mengatakan, Kemeriahan acara gebyar HSN ini menegaskan komitmen BPS Kabupaten Kendal untuk terus bersinergi dalam melaksanakan tugas pokoknya.

"Semoga setelah kegiatan ini dapat menambah semangat kebersamaan melalui berbagai kegiatan positif lainnya,"pungkasnya. (eko)

tag: berita



BERITA TERKAIT