Rapat Paripurna DPRD Jateng Sahkan Lima Pimpinan Baru, Siap Ajukan ke Mendagri

images

Jateng

Tim Jateng Report

27 Sep 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah telah menyetujui dan mengesahkan lima pimpinan DPRD periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Sumanto pada Jumat (27/9). Sumanto, yang merupakan politikus dari PDI Perjuangan, dipercaya sebagai Ketua DPRD, sementara posisi wakil ketua diisi oleh Sarif Abdillah (PKB), Heri Pudyatmoko (Gerindra), Mohammad Saleh (Golkar), dan Setya Arinugroho (PKS).

Rapat yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Soemarno, menghasilkan keputusan bahwa kelima calon pimpinan DPRD tersebut akan diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan surat keputusan definitif.

“Kami akan bersurat kepada Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan keputusan secara definitif,” ucapnya usai memimpin Rapat Paripurna yang dihadiri Sekda Soemarno.

Keputusan ini merupakan hasil dari pengusulan pimpinan partai, di mana Sumanto diajukan oleh DPP PDI Perjuangan melalui surat tertanggal 25 September 2024. Sarif Abdillah diusulkan oleh DPP PKB (18 Agustus 2024), Heri Pudyatmoko oleh DPP Gerindra (13 Agustus 2024), Mohammad Saleh oleh DPP Golkar (8 September 2024), dan Setya Arinugroho oleh DPP PKS (6 September 2024).

Sumanto menambahkan bahwa setelah proses pengesahan pimpinan ini, DPRD Jawa Tengah akan segera menyelesaikan pengisian alat kelengkapan dewan (AKD) yang meliputi Komisi A hingga E, serta Badan Musyawarah, Bapemperda, Badan Kehormatan, dan Badan Anggaran.

“Setelah terisi semua, kita bisa langsung bekerja,” singkatnya.

tag: berita



BERITA TERKAIT