BPK PENABUR Jakarta “Spirit of Adventure” 2024 Goes to Malang Bersama KAI Daop 1 Jakarta

images

Nasional

Tim Jateng Report

21 Sep 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - “Spirit of Adventure” 2024 BPK PENABUR Jakarta bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, merupakan kegiatan kepedulian sembari berpetualang. Berpetualang menjelajahi dunia digital telah menjadi kewajaran bagi generasi alpha, namun bercengkerama dengan keramahan masyarakat dan menelusuri indahnya alam Indonesia sembari menemukan nilai-nilai kehidupan tentu menjadi sebuah pembelajaran yang istimewa, Sabtu (21/9).

Mengusung tema ‘Menemukan Kembali Jawa Timur’, program “Spirit of Adventure” dikhususkan bagi peserta didik jenjang SMPK PENABUR Jakarta. Kegiatan dilaksanakan dalam lima gelombang keberangkatan selama periode 20 September hingga 2 Oktober 2024, 1.094 peserta siap menjelajah area Malang dan Pasuruan.

Peserta gelombang pertama berjumlah 212 peserta diberangkatkan menggunakan KA 56 Gajayana, relasi Stasiun Gambir – Malang, pada hari Jumat 20 September 2024, pukul 18.50 WIB.

Dalam sambutannya saat mengantar keberangkatan peserta “Spirit of Adventure” gelombang satu, Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan agar para peserta ikut menjaga ketertiban, “Mari kita naik kereta api dengan smart dengan saling menjaga kebersihan fasilitas yang ada sehingga saling merasa nyaman.” pesan Didiek Hartantyo Jumat 20 September 2024 malam.

Didiek menambahkan bahwa saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga sedang menggalakan program “Go Green” dengan menyediakan air minum isi ulang gratis bagi penumpang yang membawa tumblr pribadi.

Secara simbolis Didiet mengajak para peserta didik yang membawa tumblr maju ke depan dan memberikan cinderamata kepada mereka, didampingi Yuskal Setiawan, Executive Vice President Daop 1 Jakarta.

“Dengan sepenuh hati kami memberikan pelayanan terbaik kepada adik-adik dari PENABUR, sehingga dapat merasakan perjalanan yang asik menggunakan kereta api.” ucap Yuskal tersenyum.

Sejalan dengan BPK PENABUR Jakarta, PT Kereta Api Indonesia (Persero), Tbk juga terus memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan, seperti dengan membangun kultur jangka panjang, diantaranya budaya mengantri dan menjaga kelestarian lingkungan.

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Kenny Lim mengungkapkan, lewat program berkesinambungan bertajuk “Spirit”, BPK PENABUR Jakarta, lembaga pendidikan Kristen di Indonesia, mengajak peserta didiknya baik dari jenjang TK, SD, SMP, SLTA, maupun SPK untuk keluar dari zona nyaman mereka.

“Kegiatan ini bukan sekedar rekreasi biasa, tetapi mengajak peserta didik live in, tinggal di rumah warga, merasakan pengalaman baru dengan kultur serta budaya baru. Jadi, mereka mengalami secara langsung keberagaman Indonesia.” ungkap Kenny Lim.

Mengusung tema ‘Menemukan Kembali Jawa Timur’, program “Spirit of Adventure” dikhususkan bagi peserta didik jenjang SMPK PENABUR Jakarta. Dalam lima gelombang keberangkatan selama periode 20 September hingga 2 Oktober 2024, 1.094 peserta siap menjelajah area Malang dan Pasuruan.

Richella Evangeline Quincylim Musu, peserta didik SMPK PENABUR Kota Jababeka yang mengikuti “Spirit of Adventure” gelombang satu merasa antusias dan tidak sabar ikut berpetualang bersama orang-orang baru.


“Saya belum pernah ikut kegiatan “Spirit” saat SD, makanya saya penasaran.” ungkap peserta didik yang akrab dipanggil Quincy tersebut.

Kenny menjelaskan bahwa sejak dilaksanakan pertama kali pada 2019, program ini memiliki daya tarik bagi peserta didik dan menjadi perhatian orang tua. Tidak hanya menikmati keindahan alam di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) serta Jatim Park 2 dan Jatim Park 3, para peserta melakukan kegiatan sosial untuk membantu sekolah dibawah Yayasan Baithani Tengger, sebuah sekolah sederhana dengan kearifan lokal.

Secara bergotong royong mereka membantu sekolah tersebut agar lebih nyaman dengan menyampul buku di perpustakaan, berbagi pengalaman berorganisasi, serta melakukan proyek pipanisasi.

Lidya Ida Fatonah, Kepala Bagian Layanan Pendidikan BPK PENABUR Jakarta mengungkapkan, “Semoga melalui proyek pipanisasi ini, air yang dialirkan tidak hanya menjadi berkat untuk sekolah Baithani, namun juga bermanfaat bagi warga sekitar khususnya saat musim kemarau.”

Para peserta juga berkesempatan untuk mengalami kehidupan pedesaan bersama warga desa wisata Podokoyo. Memanen kentang di lereng gunung yang terjal, serta mengolahnya menjadi kudapan yang lezat termasuk dalam agenda mereka. Nilai-nilai kearifan penduduk lokal, baik orisinalitas budaya, kerukunan antar umat beragama, juga kecintaan kepada alam, ditularkan kepada para peserta melalui interaksi yang hangat selama mereka bermalam.

“Saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri, berani bersosialisasi dengan teman-teman baru, serta lebih peduli kepada sesama.” ucap Quincy.

Kenny mengungkapkan tujuan dari perjalanan edukatif “Spirit of Adventure” ini adalah untuk membentuk profil peserta didik yang BEST. Be Tough, yakni ketangguhan peserta didik dalam mewujudkan proyek pipanisasi. Excel Worldwide, peserta didik mampu mengenal dan belajar budaya lokal. Share with Society, peserta didik berbagi tenaga dan pengalaman di sekolah Baithani dan di desa Podokoyo. Trust in God, memiliki sikap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat. Hidupkan kepedulian sosial dan nikmati keragaman Indonesia bersama “Spirit of Adventure”!

Didiek berharap, semoga program “Spirit of Adventure” secara berkelanjutan dapat berjalan lancar, salah satunya dengan menggunakan layanan transportasi kereta api yang nyaman dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

tag: berita



BERITA TERKAIT