Pembangunan Pabrik Baru PT RPM Diharapkan Mampu Pekerjakan Warga Lokal

images

Jateng

Tim Jateng Report

03 Mei 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Pembangunan pabrik sepeda dan motor listrik baru terbesar di Jawa Tengah milik PT Roda Pasifik Mandiri (RPM) di Kawasan Industri Terboyo, Genuk Semarang, diharapkan mampu mempekerjakan warga lokal.

Camat Genuk, Suroto menyebut bahwa PT RPM berani membangun pabrik modern seluas 4 hektare di kawasan rawan banjir. Menurutnya, tak sedikit dari industri di kawasan itu yang memilih pindah dan membangun pabrik baru di tempat lain.

"Ini sangat luar biasa, yang lain banyak yang hengkang, tapi PT RPM  justru membangun pabrik baru yang begitu besar di Kawasan Industri Terboyo ini. Kami sangat berterima kasih dan kami yakin nanti setelah Tol Semarang-Demak selesai dibangun, kawasan ini akan terbebas dari banjir, " ungkapnya saat menghadiri acara ground breaking pembangunan pabrik baru PT RPM,  di Kawasan Industri Terboyo, Genuk, Semarang, Kamis (2/5/24).

Oleh sebab itu, dirinya menyebut dengan adanya pabrik sepeda dan motor listrik terbesar di Jateng ini, bisa tumbuh dan berkembang  dengan menyerap tenaga kerja dari warga sekitar.

“Tadi presiden direktur menyampaikan pabrik baru ini nantinya akan membutuhkan 1.500 tenaga kerja dan kami berharap 99 persen bisa diisi oleh warga sekitar.  Di wilayah Genuk ini banyak tenaga muda yang masih menganggur,  mereka butuh kerja, tapi ya tetap harus melalui proses seleksi,” bebernya.

Sementara, Presiden Direktur PT RPM  Yu Weng  Kiang menuturkan pembangunan pabrik baru di kawasan Industri Terboyo merupakan pengembangan pabrik sepeda Pacific Bike yang sudah didirikan sejak 1995 dan bertransformasi menjadi sepeda listrik pada 2022.

“Ini momemtum kami mewujudkan mimpi memiliki pabrik yang luas dan modern. Termasuk membuka lapangan pekerjaan bagi 1.500 tenaga kerja, terutama bagi warga sekitar,” katanya. Yu

Dikatakan, dengan didirikannya pabrik baru ini, RPM diharapkan akan mampu memproduksi  1,5 juta unit sepeda dan motor listrik per tahunnya.

“Peningkatan produksi ini sejalan dengan misi kami untuk ikut mendukung industri nasional, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatan produksi dan kualitas sepeda dan motor listrik,” katanya

Seperti diberitakan, PT RPM  telah memulai tahap awal pembangunan pabrik baru sepeda dan motor listrik  yang diperkirakan terbesar di Jawa Tengah dan akan menjadi salah satu fasilitas produksi tercanggih di Indonesia. Pembangunan pabrik tiga lantai yang diperkirakan akan memakan waktu 20 bulan dan menelan dana Rp 400 miliar itu dikerjakan oleh tiga kontraktor, yakni CV Karya Yasa Sumber Rezeki, PT Dwi Berkah Arga Kencana, dan Best Metal Building (BBM) & A JSC.

“Konstruksi baja pabrik seluruhnya dibuat di Vietnam dalam bentuk custom, jadi sampai di sini tinggal dirakit, sistemnya seperti knock down. Untuk pembangunan pabrik sepeda di Semarang ini termasuk yang besar, karena kerangka bajanya mencapai 4.400 ton yang akan dikirim lewat peti kemas,” kata Project Manager PT BMB & A JSC Bryan Gilang Dimalouw didampingi Erectical Manager Gabriel Sihotang.

Disisi lain, Manajer Pemasaran PT RPM Cahyanto Joko Rahardjo menyebut bahwa pabrik baru ini diharapkan sudah bisa berproduksi pada 2025.

“Tahun ini kami sudah memproduksi 800 ribu sampai 900 ribu unit sepeda listrik dan di pabrik baru nanti kapasitasnya kami targetkan bisa mencapai 1.5 juta unit, 70 persen sepeda listrik dan 30 persen motor listrik,” katanya.

Diakuinya, pangsa pasar sepeda dan motor listrik di  Indonesia saat ini cukup tinggi, yakni sekitar 60 ribu unit per bulan, jadi setahun mencapai 500 sampai 600 ribu penjualan.  

“Tahun lalu penjualan kami ada di angka 300 sampai 400 ribu unit dan diharapkan dari pabrik baru  ini kami targetkan bisa mencapai 1.500 unit per tahun. Apalagi, pemerintah mendukung lewat regulasi harga dengan memberikan subsidi pembelian Rp 7 juta per unit per KTP, ” jelasnya.

Diketahui, acara ground breaking atau  pemasangan tiang pancang dilakukan secara simbolis lewat pelemparan pasir, pemotongan pita, serta pelepasan burung merpati dan balon ke udara. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bea dan Cukai Jateng/DIY Ahmad Rofiq, Danramil Genuk Mayor Inf Rahmatullah, Camat Genuk Suroto, Ketua Asosiasi Sepeda dan Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Irjen Pol Pur Drs Budi Setiyadi SH MSI, Direktur Utama PT RPM Joko Utomo, Kapolsek, Danramil Genuk, dan para kontraktor serta jajaran direksi serta manajer PT RPM.

tag: PT Roda Pasifik Mandiri



BERITA TERKAIT