DPRD Temanggung Minta PT Gudang Garam Segera Lakukan Pembelian Tembakau Petani

images

Jateng

Tim Jateng Report

11 Sep 2024


TEMANGGUNG (Jatengreport.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendesak PT Gudang Garam untuk segera melakukan pembelian tembakau dari para petani. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, pada Senin (9/9/2024), menyusul panen tembakau yang berkualitas tinggi pada tahun ini.

"Panen tembakau 2024 ini sungguh menggembirakan. Kualitas tembakau sangat baik, didukung oleh cuaca yang ideal dan bibit unggul jenis Kemloko. Namun, meski kualitasnya bagus, sayangnya tidak semua hasil panen terserap oleh pabrikan," kata Yunianto.

Yunianto mengapresiasi beberapa mitra pabrik rokok yang sudah memulai pembelian, namun menyoroti PT Gudang Garam yang hingga kini belum melakukan pembelian dari petani lokal. DPRD Temanggung telah melayangkan surat kepada perwakilan PT Gudang Garam yang ada di wilayah tersebut untuk segera bertindak.

Selain itu, Yunianto mengimbau para petani untuk menjaga kualitas tembakau asli Temanggung, tanpa mencampurnya dengan tembakau dari daerah lain. "Kualitas tembakau Temanggung harus tetap terjaga, diproses murni di Temanggung agar nilai jual dan reputasi tetap tinggi," tegasnya.

Berdasarkan pantauan, harga tembakau kualitas C berada di kisaran Rp65.000 hingga Rp75.000 per kilogram, sementara kualitas D dihargai antara Rp85.000 hingga Rp100.000 per kilogram. Meski harga cukup kompetitif, masih ada kekhawatiran bahwa keterlambatan pembelian dari beberapa pabrik besar akan mempengaruhi kesejahteraan petani.

tag: jateng



BERITA TERKAIT