Kajati Jateng Ponco Hartanto Lantik 11 Pejabat Eselon III, Tekankan Adaptasi Cepat dalam Penanganan Kasus Korupsi

images

Jateng

Tim Jateng Report

10 Sep 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng) gelar pelantikan, pengambilan sumpah, dan serah terima jabatan pejabat eselon III. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Kejati Jateng, Ponco Hartanto, di kantor Kejati Jateng, Selasa (10/9)

Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng, Ponco Hartanto melantik 11 pejabat eselon III di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Jateng, diantaranya pejabat utama yakni Asintel Kejati Jateng baru Freddy D Simanjuntak, Aspidsus Lukas Alexander dan Asdatun Yunitha Arifin.

Pelantikan Pejabat Eselon III di Wilayah Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah sesuai Surat Keputusan Jaksa Agung R.I. Nomor KEP-IV-11653/C/08/2024 Tanggal 9 Agustus 2024 perihal Pemindahan dan Pengangkatan Para Pejabat Eselon III di Lingkungan Kejaksaan.

Lebih lanjut, Ponco menekankan pentingnya adaptasi cepat bagi para pejabat baru, terutama bagi Asisten Tindak Pidana Khusus (Asistapidsus).

"Harapan kami, khususnya Asistapidsus bisa segera beradaptasi dan melaksanakan tugasnya sesuai fungsi untuk mengungkap kasus-kasus korupsi di Jawa Tengah. Semua pengungkapan kasus harus berdasarkan bukti dan terukur," tambahnya.

Berikut pejabat eselon III yang dilantik :
1. Erawati, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Wonosobo, di Wonosobo.
2. Freddy D Simanjuntak, S.H., M.Hum. sebagai Asisten Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, di Semarang.
3. Dr. Lukas Alexander Sinuraya, S.H., M.H. sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, di Semarang.
4. Lingga Nuarie, S.H., M.H. sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, di Semarang.
5. Dr. Yunitha Arifin, S.H., S.H. sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, di Semarang.
6. Chandra Saptaji, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kota Semarang, di Semarang.
7. Fadhila Maya Sari, S.H., M.Kn. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Banjarnegara, di Banjarnegara.
8. Daniael Panannangan, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan, di Purwodadi.
9. Yeni Trimulyani, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kota Magelang, di Magelang.
10. Anton Markus Londa, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung, di Temanggung.
11. Lila Nasution, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kendal, di Kendal.

Soroti Pilkada Jawa Tengah

Selain itu, Ponco juga mengingatkan tentang pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November mendatang.

"Saya tekankan kepada Asisten Intelijen (Asintel) untuk mempersiapkan langkah-langkah guna mensukseskan pilkada agar berjalan lancar," ungkapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan pilkada.

"Sesuai dengan tupoksi Jaksa Agung, ASN harus tetap netral. Hak pilih boleh digunakan, tetapi tidak boleh berpolitik praktis. Dengan netralitas, diharapkan pelaksanaan pilkada bisa berlangsung adil dan jujur," beber Ponco.

Terkait dengan penanganan kasus, Ponco menyarankan agar semua permasalahan bisa diselesaikan di Gakkumdu, tanpa harus dibawa ke persidangan.

Harapan kami, semua permasalahan dapat diselesaikan di Gakkumdu agar prosesnya berjalan lancar dan damai. Semua pihak dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik," tutup Ponco Hartanto.

tag: berita



BERITA TERKAIT