Tim KKN UMK Desa Pohgading Sulap Limbah Dedaunan jadi Karya Seni Ecoprint dengan Pelatihan Desain Grafis

images

Jateng

Tim Jateng Report

07 Sep 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Desa Pohgading, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, baru-baru ini menjadi saksi keberhasilan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Muria Kudus (UMK) yang bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu kader posyandu dan kesehatan serta mendorong perkembangan UMKM lokal. Program yang berlangsung ini memanfaatkan limbah dedaunan, khususnya daun ketela dan pepaya, dalam pembuatan ecoprint (1/9)

Helmy Yahya Sahab, Koordinator KKN Desa Pohgading, mengungkapkan, "Desa Pohgading memiliki potensi besar dalam pengelolaan limbah dedaunan menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti daun ketela dan daun pepaya, serta kreativitas tinggi di kalangan ibu-ibu setempat." 

Ecoprint adalah teknik pencetakan yang menggunakan bahan organik seperti daun, bunga, dan batang tanaman untuk menghasilkan pola unik pada kain, serta mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya.

Mahasiswa Manajemen UMK dan penanggung jawab program Eco Print serta pelatihan desain grafis, M. Ferry Ardiansyah, menjelaskan bahwa pelatihan ini tidak hanya memperkenalkan teknik ecoprint tetapi juga desain grafis menggunakan aplikasi Corel Draw. 

"Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kreatif ibu-ibu desa Pohgading yang bisa menjadi sumber pendapatan alternatif, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menggunakan bahan alami," ujarnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 35 peserta ini disambut antusias, dengan peserta aktif bertanya dan berpartisipasi dalam praktik langsung. Sri Utami, salah satu pemenang desain eco print karya terbaik, menyatakan,

 "Kami tak menyangka daun dan bunga yang biasa ditemukan di desa Pohgading bisa menjadi bahan untuk membuat produk kreatif. Program ini sangat bermanfaat, terutama untuk pengembangan UMKM lokal."

Program KKN UMK Desa Pohgading diikuti oleh 12 mahasiswa lintas fakultas, antara lain Helmy Yahya Sahab (Manajemen) sebagai Koordinator Desa, Hanna Ikhayulia (Manajemen), Dwi Rahmawati (Sistem Informasi), Rizki Prayoga (Teknik Mesin), Sevia Nur Amalia (Pendidikan Bahasa Inggris), Muhammad Ferry Ardiansyah (Manajemen), Mohammad Ilham Kurnia (Teknik Informatika), Maulana Husein Hidayat (Pendidikan Bahasa Inggris), Mariska Findy Helmalia (Ilmu Hukum), Sherly Rizki Permatahati (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Alifva Atha Salsabila (Manajemen), dan Brian Li Mahatma Prasanca (Manajemen). Program ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ahmad Nilnal Munachifdlil 'Ula, S.Pd.I., M.Pd.

tag: berita



BERITA TERKAIT