Kolaborasi Mahasiswa KKN Undip dan Kelurahan Banyuanyar Surakarta Angkat Potensi Lokal melalui Bazar UMKM SEMARAK BanyuanyarFest

images

Jateng

Tim Jateng Report

10 Agt 2024


SURAKARTA (Jatengreport.com) - SERASA (Semarak Bazar Masyarakat Banyuanyar) merupakan acara tahunan yang digelar oleh RW 07 Kelurahan Banyuanyar untuk merayakan HUT RI, berupa bazar yang menyoroti UMKM kuliner, pakaian, dan hiburan. 

Pada HUT RI ke-79, KKN Tim II Undip 2024 bekerja sama dengan pemuda-pemudi RW 07 untuk menyelenggarakan SEMARAK BanyuanyarFest dengan tema “Gema Warna Warni Lokal”. 

Acara ini berlangsung selama tujuh hari dari 04 hingga 10 Agustus 2024, mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk melayani masyarakat dan mendukung UMKM lokal.

Setiap tim memiliki peran spesifik dan Tim KKN pun memiliki struktur divisi meliputi ketua, sekretaris, bendahara, acara, publikasi, dan perlengkapan. Tim II KKN Undip 2024 bertanggung jawab atas pengelolaan pentas seni, termasuk konsep acara, dekorasi panggung, penyusunan rundown, menjadi MC, serta tampil di atas panggung. 

Acara mencakup sambutan, penampilan tari, akustikan, sosialisasi, organ tunggal, games, dan doorprize. Sementara itu, pemuda-pemudi RW 07 mengelola UMKM lokal, konsumsi, super kelinci, dan parkir. 

Penampilan tari mencakup tari Ibu Arjuna, tari anak Goyang Prahu, tari Manuk Dadali, tari Bajul, tari Kuda Sumedang, tari Pangpung, Tari Taman Jurug, dan tari Wonderland. Tim KKN juga melakukan penampilan akustik dengan menyanyikan lagu-lagu dangdut dan lagu-lagu lama. Sosialisasi mengenai KDRT dan judi online dilakukan oleh dua anggota Tim KKN.

Selain itu, salah satu anggota Tim KKN Undip menyelenggarakan games dengan unsur listrik untuk menambah keseruan acara dan doorprize yang tersedia meliputi peralatan elektronik serta sembako murah seperti minyak dan telur. Kerja sama yang baik antara Tim II KKN Undip dan pemuda RW 07 membuat acara berlangsung meriah dan mencapai tujuan, yakni memberikan layanan kepada pengunjung bazar dan mensejahterakan UMKM lokal. 

Pembina SEMARAK BanyuanyarFest, Ponco mengatakan,  bahwa berkat kolaborasi dengan Mahasiswa KKN Undip, bazar tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

“Bazar tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan teman-teman KKN Undip. Terima kasih atas kerjasamanya.” ungkap Ponco, Sabtu (10/8).

Diharapkan, kesuksesan bazar tahun ini akan memotivasi pemuda RW 07 untuk menyelenggarakan acara yang lebih meriah di tahun-tahun mendatang. 

Tim II KKN Undip 2024, menyampaikan terima kasih kepada Ketua Acara SEMARAK BanyuanyarFest, Sotya, yang memandu anggotanya dan berhasil menciptakan kedekatan antara Tim KKN Undip dan pemuda RW 07, sehingga bazar kali ini dapat terlaksana dengan sukses dan meriah.

tag: jateng



BERITA TERKAIT