Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Lawan Hoaks dan Ujaran Kebencian dengan Edukasi ke Ibu-Ibu PKK Desa Sidomulyo Magelang Mengenai Media Sosial

images

Jateng

Tim Jateng Report

06 Agt 2024


MAGELANG (Jatengreport.com) - Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Jurusan Ilmu Hukum, Amanda Yesika berikan edukasi mengenai ujaran kebencian dan hoaks di media sosial kepada ibu ibu Kaderisasi PKK Desa Sidomulyo dan memberikan pemahaman lebih dalam menghadapi dampak negatif dari sebab globalisasi dan modernisasi pada Selasa, (6/8).

Edukasi mengenai ujaran kebencian dan hoaks di media sosial sangat penting mengingat banyaknya hal dan informasi yang tersebar secara masif tanpa mengetahui kebenarannya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar pengamatan keseharian yang dilakukan oleh ibu ibu PKK. Selain menjadi anggota kaderisasi keseharian yang dilakukan adalah menjadi ibu rumah tangga. Dikarenakan kesibukan yang dilakukan masih kurangnya kesadaran akan kebenaran informasi yang dibagikan di media sosial.

Amanda mengungkapkan bahwa edukasi mengenai ujaran kebencian dan hoaks disampaikan melalui media leaflet yang kemudian akan dipaparkan dan dijelaskan kepada ibu-ibu PKK.

“Dalam memberikan edukasi mengenai ujaran kebencian dan hoaks dilakukan dengan memberikan leaflet sebagai media informasi yang akan dipaparkan atau dijelaskan. Didalam leaflet tersebut diawali dengan konsep dasar dalam menggunakan media sosial, yaitu beretika dan cakap dalam menggunakannya. Dari pembahasan tersebut hadirnya ujaran kebencian dan hoaks sebagai dampak negatif yang akan timbul.” ungkap Amanda

Melakukan penyebaran ujaran kebencian dan hoaks dapat dikenakan sanksi hukum dan denda serta hukuman penjara berdasarkan Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Agar tidak terjerat hal tersebut diberikan beberapa strategi agar dapat menghindarinya, salah satunya yang paling utama adalah dengan melakukan verifikasi fakta untuk memeriksa kebenaran informasi sebelum membagikannya kepada oramg lain.

Dengan adanya edukasi mengenai ujaran kebencian dan hoaks diharapkan kedepannya untuk ibu-ibu PKK lebih berhati hati dalam bermedia sosial. Bukan hanya tentang informasi akan tetapi juga mengenai kehidupan sehari hari, serta diharapkan dapat membantu atau memberikan informasi kepada orang disekitarnya.

tag: berita



BERITA TERKAIT