Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Budidaya Lele dengan Sistem Aquaponik Ramah Lingkungan kepada Warga Pajomblangan Pekalongan

images

Jateng

Tim Jateng Report

29 Jul 2024


PEKALONGAN (Jatengreport.com) -  Mahasiswa KKN Undip gelar kegiatan penyuluhan mengenai pembudidayaan ikan lele dalam aquaponik dengan memanfaatkan sampah plastik sebagai media tanam tumbuhan dan juga ember sebagai media budidaya ikan lele kepada masyarakat Pajomblangan Pekalongan, Senin (29/7).

Pelatihan ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro, Azahra Razidha Hardianty. Pelatihan ini menjelaskan teknik budidaya ikan lele dalam ember menggunakan sistem aquaponik. 

Azahra menjelaskan, dalam penyuluhan ini peserta diharapkan dapat membuat kolam lele dan aquaponik dengan menggunakan bahan bahan yang mudah ditemui, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Peserta belajar membuat kolam ikan lele dan aquaponik dengan menggunakan ember, gelas plastik, kawat, dan arang. Pelatihan ini diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat"," ungkap Azahra 

Pembibitan lele dalam sistem aquaponik memiliki manfaat yang signifikan, seperti peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya dan pengurangan pemakaian pupuk dan pestisida. 

Pelatihan pembudidayaan ikan dalam aquaponik dilaksanakan oleh Azahra Razidha Hardianty seorang Mahasiswi Universitas Diponegoro, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Azahra menjelaskan pembudidayaan ikan lele dalam aquaponik dengan mendemonstrasikan di depan warga. 

Kegiatan penyuluhan pembudidayaan ikan lele dalam aquaponik ini sukses memberikan informasi baru kepada para ibu-ibu tentang cara pembudidayaan yang mudah dalam ember. 

Peserta tampak sangat antusias dan terlibat dalam setiap rangkaian acara, serta mengapresiasi kesempatan untuk berbagi informasi penting lainnya. Diharapkan, kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan dampak yang baik terhadap keberlangsungan hidup bagi masyarakat Desa Pajomblangan. 

tag: berita



BERITA TERKAIT