Kajati Jateng Ponco Hartanto Dorong Implementasi Restorative Justice di Wonosobo dan Temanggung

images

Jateng

Tim Jateng Report

30 Jul 2024


WONOSOBO (Jatengreport.com) - Hari kedua kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah, Ponco Hartanto S.H. M.H., dimulai dengan kunjungan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonosobo.

Kunjungan ini menjadi momentum penting setelah Kejari Wonosobo baru-baru ini menempati gedung baru yang lebih luas dan representatif, dilengkapi dengan fasilitas sarana prasarana yang memadai.

Meski demikian, terdapat beberapa aspek teknologi yang perlu diperbarui guna memenuhi syarat predikat WBBM.

Salah satu catatan penting dari Kajati Jateng Ponco adalah terkait bidang Pidana Umum (Pidum), di mana belum ada implementasi produk Restorative Justice (RJ) di Wilayah Wonosobo.

Kajati Jateng Ponco memerintahkan kepada Kepala Seksi Pidum untuk segera berkoordinasi dengan Kepala Satuan Reserse Kriminal setempat.

RJ dianggap sangat penting karena dapat menjadi keunggulan bagi Kejaksaan di masa depan.

 

"Banyak masyarakat yang masih menganggap penyelesaian damai dalam perkara membutuhkan biaya besar, padahal tidak benar. Oleh karena itu, Kepala Seksi Intelijen diinstruksikan untuk segera melakukan sosialisasi tentang RJ," ujar Kajati Jateng Ponco, Selasa (30/7).

Didampingi Asisten Tindak Pidana Khusus Wahyu Sabrudin, S.I.P, S.H.,M.H., dan Asisten Intelijen, Dr. Sunarwan, S.H., M.H., Kunjungan ini juga sebagai bagian dari komitmen Kajati untuk memastikan setiap Kejari di Jawa Tengah mampu memenuhi standar pelayanan hukum yang tinggi, termasuk dalam penerapan teknologi dan inovasi untuk mendukung kinerja kejaksaan dalam memberikan pelayanan yang adil dan transparan kepada masyarakat.

tag: berita



BERITA TERKAIT