Gibran Jadi Wapres, Nana Sudjana Lantik Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta

images

Jateng

Tim Jateng Report

20 Jul 2024


SEMARANG (Pojokjateng.com) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melantik Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta untuk sisa periode 2021-2026 di Ghradika Bakti Praja pada Jumat (19/7/2024) malam. Teguh menggantikan Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta sebelumnya yang terpilih menjadi Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Posisi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta juga mengalami perubahan, dari Selvie Ananda Gibran kepada Mukilah Budi Martono, sesuai dengan keputusan bernomor 15/kep/PKKPROV/VII/2024 yang ditandatangani oleh Pj Ketua TP PKK Jateng, Shinta Nana Sudjana.

Pada kesempatan tersebut, Nana Sudjana berpesan kepada Wali Kota Surakarta yang baru agar dapat melanjutkan prestasi pendahulunya. Ia menyebutkan beberapa pencapaian Gibran selama menjabat, antara lain pertumbuhan ekonomi Surakarta pada tahun 2023 yang mencapai 5,57 persen dan penurunan angka kemiskinan hingga 8,44 persen.

Selain itu, Surakarta juga mendapat predikat Kota Percontohan Antikorupsi 2024, Inovative Government Award 2023, serta sejumlah pembangunan fisik seperti revitalisasi Taman Balekambang, Taman Safari, dan Masjid Syech Zayed.

“Solo sering menjadi tuan rumah berbagai acara lokal dan internasional. Yang paling penting adalah berhasil meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui digitalisasi yang bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Nana juga berpesan kepada Teguh untuk mengedepankan inovasi layanan agar pelayanan kepada masyarakat tetap prima. Ia meminta agar Surakarta terus berkembang sebagai kota budaya, seni, dan teknologi melalui berbagai event yang dapat menarik wisatawan.

“Ini tentu menjadi tantangan bagi Wali Kota yang baru. Saya yakin Pak Teguh mampu mempertahankan reputasi pendahulunya, apalagi beliau pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota,” tambahnya.

Kepada Ketua TP PKK Kota Surakarta yang baru, Mukilah Budi Martono, Nana berpesan untuk memperhatikan prevalensi stunting dengan mengoptimalkan fungsi posyandu, tim pendamping keluarga, dan tim percepatan penurunan stunting.

Sementara itu, Wapres RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka, mengucapkan selamat kepada Teguh. Ia menegaskan masih banyak pembangunan yang harus diselesaikan.

“Terima kasih dan selamat kepada Pak Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Surakarta yang baru. Beliau sudah empat tahun mendampingi saya, bekerja sama dengan saya. Saya yakin Solo akan menjadi lebih baik. Saya titip Solo, masih banyak PR pembangunan yang harus dirampungkan tahun ini sesuai RPJMD yang kita rancang bersama. Tahun depan kita ingin fokus pada pembangunan nonfisik,” ujar Gibran.

tag: jateng



BERITA TERKAIT