Ikuti Family Fun Walk, Nana Sudjana Harap Harganas Dapat Pacu Kasih Sayang Keluarga

images

Jateng

Tim Jateng Report

25 Jun 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 diharapkan dapat menjadi momen untuk mengingat kembali pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter bangsa, terutama generasi muda. Sesuai tema besar tahun ini, "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas".

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyatakan bahwa Harganas ini harus menjadi dorongan untuk terus memberi perhatian kepada keluarga dan menggalakkan kasih sayang di antara mereka. Setiap keluarga diharapkan dapat menjadi sumber kebahagiaan dan merupakan pondasi utama dalam pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan.

“Harganas ini menjadi pemacu untuk terus memperhatikan keluarga, untuk mencintai keluarga kita. Setiap keluarga harus menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan tonggak dari pelaksanaan (pendidikan) karakter bangsa,” beber Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, di sela acara Family Fun Walk dalam rangkaian peringatan Harganas ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Kantor Gubernur, Minggu (23/6/2024)..

Selain itu, Nana juga menekankan perlunya memanfaatkan momentum peringatan ini untuk mempercepat penurunan angka stunting, khususnya di Jawa Tengah. Upaya sosialisasi tentang stunting dan langkah-langkah konkret untuk mengurangi angka stunting harus terus dilakukan secara bersama-sama.

“Kita harus bahu-membahu bersama,” kata Nana .

Ditambahkan, Pemprov Jateng bersama BKKBN dan instansi terkait lainnya seperti TNI-Polri, serta dibantu oleh elemen masyarakat, terus bergotong royong dalam pencegahan dan penanganan tengkes. Sebab, angka tengkes di Jawa Tengah saat ini masih 20,8 persen.

Acara Family Fun Walk yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan Harganas ke-31 ini diikuti oleh sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua yang turut mengajak anak-anaknya. Rute Fun Walk sepanjang sekitar tiga kilometer dimulai dari Kantor Gubernur, melintasi berbagai jalan protokol, dan berakhir di gerbang Kantor Gubernur.

Fun walk ini berkaitan dengan rangkaian Harganas 2024 Provinsi Jawa Tengah,” jelas Nana.

Nana menjelaskan bahwa Fun Walk ini merupakan bagian dari kegiatan Harganas 2024 di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, peringatan Harganas ini juga diramaikan dengan serangkaian acara seremonial di Purwokerto dan Jepara, diikuti oleh peserta dari beberapa wilayah di sekitarnya.

“Antusiasme masyarakat cukup banyak yang mengikuti kegiatan itu,” kata Nana.

Tidak hanya itu, dalam peringatan Harganas ini juga dilakukan kegiatan pelayanan keluarga berencana di beberapa perusahaan serta kegiatan donor darah dan lainnya. Puncak acara Harganas dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden RI di Kota Semarang pada tanggal 29 Juni 2024 mendatang.

tag: jateng



BERITA TERKAIT