Pj Gubernur Jawa Tengah dan Presiden RI Laksanakan Salat Iduladha di Simpanglima Semarang

images

Jateng

Tim Jateng Report

17 Jun 2024


SEMARANG (jatengreport.com) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dan Presiden RI Joko Widodo melaksanakan salat Iduladha bersama di Simpanglima, Kota Semarang, pada hari Senin (17/6/2024).

Selama salat Iduladha tersebut, Nana Sudjana dan Jokowi berada di barisan terdepan, bersama dengan beberapa pejabat lain seperti Menteri PUPR, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, Kajati Jateng, Kabinda, serta Sekda Jateng Sumarno. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berada di barisan perempuan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, dan Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana.

Salat Iduladha di Simpanglima berlangsung dengan khidmat dan tertib. Imam salat adalah KH Zainuri Ahmad dari Ponpes Nurul Qur’ani Semarang, sementara khotibnya adalah Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Setelah salat, Jokowi dan Nana Sudjana menyapa masyarakat, dan keduanya menyerahkan hewan kurban berupa sapi simental dengan berat sekitar 1.250 kg secara simbolis kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

“Ada amanah kepada kami dari Presiden, sapi untuk disembelih dan dibagikan. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi yang besar,” kata Ketua Yayasan Masjid Baiturahman, Ahmad Darodji, seusai menerima secara simbolis kurban sapi dari Jokowi.

Hewan kurban dari Jokowi akan disembelih di Islamic Center pada hari Selasa (18/6/2024), sesuai dengan amanah yang diberikan kepada mereka. Ketua Yayasan Masjid Baiturrahman, Ahmad Darodji, mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka dalam menyembelih sapi sebesar ini.

Di samping itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memberikan dua ekor sapi jenis simental sebagai kurban tahun ini. Seekor sapi bernama Manggala dengan berat hidup 832 kg diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang, sedangkan sapi lainnya bernama Sambara dengan berat hidup 775 kg diserahkan kepada panitia Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Sapi kurban dari Pj Gubernur Jateng sudah berada di Islamic Center Semarang dan juga akan disembelih pada hari Selasa (18/6/2024).

Darodji menambahkan bahwa seluruh daging kurban akan dibagikan kepada lebih dari seribu masyarakat, termasuk kepada yatim piatu yang akan mendapat bagian langsung serta lainnya yang akan menukarkan kupon di Baiturrahman.

“(Semua daging kurban) akan bagikan kepada seribu lebih masyarakat. Terdiri atas yatim piatu yang akan kita bagi langsung, dan lainnya mengambil sendiri (menukar kupon di Baiturrahman),” ujar Darodji.

tag: berita



BERITA TERKAIT