Nana Sudjana Ajak Pelaku Bisnis Terlibat Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat

images

Jateng

Tim Jateng Report

04 Jun 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Penjabat Gubernur sementara Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengajak para pelaku bisnis untuk aktif terlibat dalam upaya pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

“Kita harus menyatu kalau mau Jawa Tengah berhasil,” kata Nana, saat Business Dinner yang dihadiri para pengusaha dan stakeholder terkait, di Hotel Tentrem Semarang, Minggu (2/6/2024) malam.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan daerah membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk swasta, pengusaha, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berkolaborasi dengan instansi terkait untuk mencapai sinergi tersebut.

Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah mencapai 1,79 persen secara triwulan, merupakan pertumbuhan tertinggi secara nasional, dengan pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 4,97 persen dan inflasi terkendali sekitar 3,27 persen.

“Dengan pertemuan ini, diharapkan kita bisa kompak dan saling berkomunikasi. Sehingga bisa saling mengisi, bagaimana pertumbuhan perekonomian kita semakin baik, tumbuh, dan berkembang,” jelas Nana.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus memberikan fasilitas kepada para pengusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, seperti pengembangan kawasan industri dan penyediaan regulasi yang mendukung investasi.

Selain itu, mereka juga fokus pada peningkatan kualitas tenaga kerja dengan meningkatkan pendidikan vokasi dan kerjasama dengan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

“Angka pengangguran terbuka Jawa Tengah per Februari 2024 turun dari 5,24 persen menjadi 4,39 persen. Kalau pengangguran bisa ditekan, maka angka kemiskinan juga dapat kita tekan,” sorot Nana.

Dalam upaya mengurangi kemiskinan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menekankan pentingnya Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan, dengan harapan CSR dapat disalurkan secara efektif kepada yang membutuhkan.

“Kemiskinan perlu menjadi perhatian kita bersama. Masih banyak masyarakat kita yang membutuhkan itu (dana CSR),” kata dia.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, menyebut bahwa acara tersebut dihadiri oleh sekitar 70 tamu undangan, terdiri dari pemilik perusahaan, CEO, direksi, dan GM perusahaan di Jawa Tengah, serta perwakilan bank Himbara dan kepala dinas terkait.

Sumarno menilai bahwa kontribusi dari para pengusaha, terutama melalui program CSR, sangat penting dalam pembangunan Jawa Tengah.

 

tag: jateng



BERITA TERKAIT