Jaksa Agung ST Burhanuddin Tutup Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI 2024

images

Jateng

Tim Jateng Report

26 Apr 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Jaksa Agung ST Burhanuddin menutup acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kejaksaan RI Tahun 2024 dengan tema "Optimalisasi Perencanaan Penganggaran Kejaksaan Untuk Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045". Hal ini disampaikan melalui rilis tertulis oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, Jumat (26/4)

Dalam penutupan tersebut, Jaksa Agung memberikan arahan bahwa pola perencanaan yang matang adalah kunci dalam mencapai tujuan organisasi. Musrenbang dengan pola bottom up dan mekanisme musyawarah untuk mufakat menjadi hal esensial bagi Kejaksaan untuk menyinkronkan perencanaan dan penganggaran dengan siklus nasional.

"Tujuan dari sinkronisasi tersebut adalah memastikan pemenuhan anggaran Program Dukungan Manajemen, Program Penegakan, dan Pelayanan Hukum tetap mengikuti prioritas pemerintah. Musrenbang diharapkan dapat mewujudkan Transformasi Sistem Penuntutan dan Advocaat Generaal." ungkap Ketut

Jaksa Agung menyampaikan keyakinannya bahwa hasil Musrenbang Kejaksaan Tahun 2024 akan mengatasi hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan tugas Korps Adhyaksa. Setiap kelompok kerja telah memberikan usulan berdasarkan kondisi lapangan dan anggaran yang tersedia.

Satuan kerja Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer disoroti karena sebelumnya tidak memiliki anggaran untuk koordinasi perkara koneksitas, yang merupakan bagian dari core business bidang tersebut. Namun, pada Musrenbang kali ini, hal tersebut telah dibahas.

Selain itu, ada masukan terkait efektivitas penyuluhan hukum yang dinilai belum optimal. Kesamaan pemahaman, tujuan, dan langkah diingatkan sebagai kunci utama untuk mewujudkan Kejaksaan yang transformatif.

Jaksa Agung menekankan pentingnya peran Kejaksaan Negeri dalam mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan organisasi, agar dapat diterjemahkan secara akurat oleh satuan kerja di tingkat yang lebih tinggi. Ini menjadi tugas perencanaan pusat untuk meningkatkan pengetahuan perencanaan dan penganggaran pada setiap level satuan kerja.

Akhirnya, Jaksa Agung mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan Dr. Mohamad Dofir selaku Ketua Umum Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024 beserta jajaran kepanitiaan atas penyelenggaraan acara yang baik dan lancar.

tag: berita



BERITA TERKAIT