Jarang Diketahui, Ini Sederet Manfaat Air Rebusan Kulit Pohon Jamblang

images

Lifestyle

Tim Jateng Report

26 Feb 2024


JAKARTA (Jatengreport.com) - Buah jamblang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Namun, selain bagian daging buahnya saja yang berkhasiat. Bagian kulit pohon duwet juga bisa dikonsumsi untuk tujuan pengobatan.

“Di India, kulit batang jamblang direbus untuk mengendalikan efek diabetes,” terang peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dilansir dari Times of India, Sabtu (24/2/24), air rebusan kulit batang pohon duwet menjaga kadar gula darah untuk membantu pengobatan penyakit diabetes.

Biasanya, kulit pohon duwet akan direbus hingga menghasilkan larutan. Setelahnya, larutan tersebut bisa langsung diminum.
Rebusan kulit pohon duwet juga bisa dibuat jadi obat kumur sebagai pencegah sariawan, bau mulut, dan menjaga kesehatan gigi.

Berikut ini cara mengolah kulit pohon jamblang atau duwet seperti dilansir dari buku “Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Herbal Berkhasiat Obat + 60 Resep Menu Kesehatan” (2014) karya Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama.

Caranya, rebus kulit kayu jamblang secukupnya. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur. Ulangi tiga sampai empat kali sehari.

Jika kulit pohon jamblang direbus bersamaan dengan daunnya, bisa juga menjadi obat diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Kulit pohon jamblang ini biasanya sudah mudah ditemukan di marketplace online. Tak hanya dijual dalam bentuk batangan kecil, ada juga yang menjualnya dalam bentuk bubuk.

Dilansir dari Guyana News Agency, segelas jus buah jamblang yang dicampur dengan setengah sendok teh bubuk kulit pohon jamblang bisa mengobati kelainan saluran kencing.

Sementara jika bubuk kulit pohon jamblang dicampur dengan air saja, cukup efektif mengobati infeksi akibat cacing pita.

tag: Manfaat Air Rebusan Kulit Pohon Jamblang



BERITA TERKAIT