Maksimalkan Peningkatan PAD untuk Pembangunan

images

Jateng

Tim Jateng Report

21 Feb 2024


BANJARNEGARA (Jatengreport.com) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menekankan pentingnya upaya pemda di provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna mendukung pembangunan di tingkat lokal.

Dirinya menyoroti urgensi pemerintah daerah dalam memaksimalkan sumber daya ekonomi yang dimiliki untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

PAD memegang peranan vital dalam mendukung program-program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah daerah.

"Peningkatan PAD bukan hanya sekadar menjadi target, tetapi juga menjadi tonggak keberhasilan dalam memajukan berbagai sektor pembangunan di Jawa Tengah," ujarnya.

Dia menekankan bahwa dengan meningkatnya PAD, pemda dapat lebih mandiri dalam merencanakan dan melaksanakan program pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun potensi daerah yang perlu dimaksimalkan yakni seperti salah satunya pajak dan retribusi. Instasi terkait perlu didorong untuk terus berinovasi guna meningkatkan PAD dari sektor tersebut.

"Dengan PAD yang kuat, pemda memiliki fleksibilitas dan kemandirian dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah," tambahnya.

Ferry juga menggarisbawahi pentingnya diversifikasi sumber PAD. "Selain dari pajak dan retribusi daerah, pemda juga perlu mempertimbangkan sumber pendapatan lain yang berkelanjutan dan berkesinambungan, seperti pengelolaan aset daerah dan pemanfaatan potensi ekonomi lokal yang belum optimal," katanya.

Lebih lanjut, Ferry juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung upaya pemda dalam meningkatkan PAD.

"Sebagai wakil rakyat, kami siap untuk memberikan dukungan penuh dan melakukan pengawasan secara efektif guna memastikan bahwa pengelolaan PAD dilakukan secara transparan, akuntabel, dan efisien," tegasnya.

Upaya dan kerja keras pemda dalam memaksimalkan semua potensi tersebut maka PAD pun akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan pembangunan pun bisa dilakukan berkelanjutan.

"Kita pastinya mendukung upaya pemda dalam menggali setiap potensi untuk meningkatkan PAD. Harapan kita tentu PAD Kalteng terus meningkat dan pembangunan bisa terus berjalan serta merata," tukasnya. 

tag: Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Ferry Wawan Cahyono



BERITA TERKAIT