Ferry Wawan Cahyono Dukung Kemajuan Pariwisata Lewat UKM Expo Banjarnegara

images

Jateng

Tim Jateng Report

21 Feb 2024


BANJARNEGARA (Jatengreport.com) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono ajak masyarakat dukung kemajuan pariwisata jateng lewat pameran pariwisata UMKM dan Ekraf Expo Kabupaten di Banjarnegara.

Ferry menyoroti pentingnya peran sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) serta Ekraf (Ekonomi Kreatif) dalam mengembangkan potensi pariwisata di Jawa Tengah.

"Pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga tugas bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk pelaku UMKM dan Ekraf," ungkap Ferry.

Pameran yang diadakan di Banjarnegara ini bertujuan untuk mempromosikan beragam produk dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh UMKM serta pelaku Ekraf di Kabupaten tersebut.

“UMKM saat ini telah menjadi penyedia lapangan terbesar dan mempunyai peran penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat,” kata Ferry.

UMKM merupakan pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta berperan penting dalam pembukaan lapangan kerja, distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan.

Selain itu, pameran juga menjadi ajang untuk membangun jaringan kerja sama antar-pelaku industri pariwisata dan UMKM guna meningkatkan daya saing serta memperluas pasar bagi produk-produk lokal.

“ Pameran ini menjadi bukti komitmen kita dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal, khususnya dalam sector UMKM serta ekonomi kreatif di Banjarnegara," jelas Ferry.

Ia juga menggarisbawahi perlunya dukungan dalam pengembangan infrastruktur pariwisata, peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) terkait, serta upaya pelestarian lingkungan sebagai aspek penting dalam menarik minat wisatawan.

" UMKM harus terus dikuatkan, karena UMKM memiliki potensi basis ekonomi yang kuat, dimana rakyat sebagai penyangganya," tandas Ferry.

UMKM Expo Banjarnegara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari workshop, seminar, hingga demonstrasi produk UMKM dan Ekraf. Keberagaman potensi pariwisata Jawa Tengah turut dipromosikan, termasuk keindahan alam, seni dan budaya, serta kuliner khas setiap daerah.

Dengan adanya dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat, diharapkan sektor pariwisata Jawa Tengah dapat terus berkembang menjadi salah satu andalan dalam perekonomian daerah serta memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 

tag: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)



BERITA TERKAIT