Ciptakan Lingkungan Kerja Sehat, Undip & Disnakertrans Laksanakan Kegiatan Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024

images

Jateng

Tim Jateng Report

26 Jan 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Universitas Diponegoro (Undip) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah mengadakan acara Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, di mana Undip menjadi tuan rumah. Acara ini berlangsung pada Rabu pagi, 24 Januari 2024, di lapangan Gedung Widya Puraya, Undip Tembalang, Semarang. Tema Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 adalah "Kampus Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menuju Indonesia Emas 2045." PJ Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, A.S., M.M., hadir dalam acara tersebut.

Dalam upaya mempromosikan budaya K3 untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, acara dimulai dengan Senam Pekerja Sehat yang diikuti oleh seluruh peserta. Sebanyak 700 orang tamu undangan hadir, termasuk ASN, penguji K3, ahli K3, pengurus APINDO, pengurus asuransi barang dan jasa, pengurus serikat buruh, perwakilan manajemen perusahaan, dan civitas academica di lingkungan Undip.

PJ Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, A.S., M.M., dalam sambutannya menyampaikan tujuan Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, seperti menyusun regulasi unggul di bidang K3L, menerapkan norma dan budaya K3 yang baik di tempat kerja, serta meningkatkan produktivitas kerja. Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., Wakil Rektor Sumber Daya Undip, menambahkan bahwa UPT K3L Undip telah berhasil mengelola sampah dengan baik, menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

“Budaya K3 perlu untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, juga untuk menghindari dan mengurangi resiko kecelakaan dan penyakit saat kerja. Kita semua yang hadir di sini, dari perwakilan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya menciptakan keselamatan kerja di lingkungan kerja masing-masing, karena keselamatan kerja adalah tanggung jawab setiap orang,” ungkap Prof. Heru.

Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 dimulai secara simbolis dengan sirine yang dibunyikan oleh PJ Gubernur Jawa Tengah. Penandatanganan Komitmen K3 di Undip dilakukan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. Budiyono, S.KM., M.Kes., yang juga menerima penghargaan Partisipasi Aktif Bulan K3 Tahun 2024 untuk Undip dan Kampus Berbudaya K3 untuk fakultas tersebut.

Sebagai bagian dari acara, PT. PLN Indonesia Power PLTGU Tambaklorok Semarang menyelenggarakan Demo K3, termasuk Penanggulangan Kebakaran dan P3K, sebagai edukasi terhadap bencana kebakaran dan pertolongan pertama kepada peserta acara.

tag: universitas Diponegoro , Universitas Diponegoro , Universitas Diponegoro



BERITA TERKAIT