Hemat dan Bahagia, Bagaimana Frugal Living Menjadi Tren di Awal 2024

images

Lifestyle

Tim Jateng Report

23 Jan 2024


SEMARANG (Jatengreport.com) - Ditengah gempuran gaya hidup hedonisme, seiring dengan berjalannya waktu sekarang banyak yang sudah mulai aware untuk menerapkan gaya hidup frugal living.

Frugal living yaitu konsep hidup dengan menerapkan gaya hidup hemat sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun kebanyakan orang menyamakan gaya hidup frugal living dengan pelit, namun konsep ini untuk mempersiapkan masa depan dengan fokus prioritas keuangan.

Nah jika resolusi 2024 menerapkan konsep frugal living, hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara agar resolusi itu terwujud.

Dalam  menerapkan gaya hidup frugal living hal yang harus pahami ialah tujuan keuangan dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Inilah yang dinamakan dalam menjalani konsep hidup frugal living. Dengan prinsip dan visi misi hidup, untuk mencapai tujuan masa depan.

Nah untuk menerapkan frugal living bukan berarti pelit terhadap diri sendiri, melainkan membuat skala prioritas keuangan dengan baik.

Nah agar resolusi tahun 2024 menerapkan gaya hidup frugal living berjalan mulus harus memiliki bebrapa prinsip yang mesti dipegang teguh :

1. Beli barang sesuai kebutuhan.
2. Hindari kebiasaan boros.
3. Cari alternatif produk dengan harga yang lebih murah.
4. Evaluasi perencanaan dan kebiasaan finansial.
5. Jaga keseimbangan finansial.

Jika sudah mengetahui prinsip dari konsep gaya hidup frugal living, yuk simak cara penerapannya :

1. Mengelola Keuangan

Yang pertama untuk  menerapkan frugal living ialah dengan merencanakan financial yang lebih realistis lagi dengan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya untuk kebutuhan primer dan sekunder hitung berapa persennya, dan tak lupa untuk tabungan atau investasi berapa persen, sehingga kita dapat memaksimalkan persentase penghasilan setiap bulannya.

2. Terapkan Skala Prioritas

Terapkan skala prioritas dengan perencanaan kebutuhan yang sudah di atur apa saja, dengan mempertimbangkan kembali berdasarkan skala prioritas, baik itu dari kebutuhan primer,sekunder, atau hanya cuma untuk liburan.

Biasanya kita tidak mempertimbangkan skala prioritas sehingga terjadi pemborosan, nah untuk mengelola dengan benar ialah harus terapkan skala prioritas dengan baik.

3. Cari Alternatif Produk Murah, Bisa dengan Promo

Eitss yang ini jangan merasa insecure atau malu ya karena membeli produk murah atau menggunakan promo dan diskon.

Bukan berarti kita tidak mampu melainkan untuk mengelola pengeluaran keuangan  sehingga uang nya bisa kita tabung atau investasi.

4. Jangan FOMO

Saat ingin menerapkan gaya hidup frugal living ialah jangan takut untuk ketinggalan tren atau merasakan FOMO.

FOMO ialah  rasa takut ketinggalan tren dan zaman yang sedang terjadi. Karena sifat FOMO membuat sulit untuk menerapkan konsep frugal living.

Hal ini dikarenakan FOMO dapat memaksakan diri untuk terus mengikuti tren yang ada lalu membuat  gaya hidup hemat akan sulit terjadi.

5. Jangan Utang

Cara penerapan frugal living yang terakhir ialah hindari kebiasaan untuk menghutang. Karena jika sering menghutang dapat membuat hidup dengan tekanan dari pengeluaran yang ada.

Sehingga kita akan bebas dari finansial jika kita menghindari untuk menghutang.

Nah itulah frugal living ialah gaya hidup hemat untuk prioritas mengelola uang dengan baik. Semoga bermanfaat.

tag: Frugal Living



BERITA TERKAIT