Surat Suara Pemilu 2024 Mulai di lakukan Pelipatan

images

Jateng

Tim Jateng Report

09 Jan 2024


KENDAL (Jatengreport.com) - KPU Kendal mulai melakukan kegiatan pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, pelipatan Surat Suara dilakukan di dua tempat, yakni di Gedung Islamic Senter Bugangin Kendal dan Gudang di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh.

Ketua KPU Kendal, Khasanudin mengatakan, petugas pelipatan Surat Suara diikuti sebanyak 400 orang. Pelipatan Surat Suara diawali dari Surat Suara calon anggota DPR RI.

“Pelipatan Surat Suara DPR RI ini diselesaikan dulu, kemudian dilanjutkan pelipatan untuk Surat Suara lainnya, sampai semuanya selesai,” kata Khasanudin Senin (8/1/2024).

Dijelaskannya, petugas pelipat Surat Suara hanya harus steril dari barang-barang bawaan, seperti tas, handphone, termasuk makanan dan minuman. Oleh karena itu, setiap pekerja dilakukan pemeriksaan sebelum masuk gedung.

“Tidak boleh membawa barang, karena untuk keamanan Surat Suara, termasuk jarum pentul di kerudung wanita itu juga harus dilepas,” tandasnya.

Untuk tugas pemeriksaan pekerja pelipat Surat Suara, pihak KPU melibatkan sejumlah anggota dari Polres Kendal. Pemeriksaan dilakukan ketika akan masuk gedung dan ketika hendak pulang atau keluar dari gedung.

Solikin dari Bawaslu Kendal mengatakan, pengawasan terhadap kegiatan pelipatan Surat Suara meliputi, pengawasan identitas pekerja yang harus dibuktikan dengan KTP. Kemudian pengawasan terhadap pihak KPU yang harus memberikan instruksi yang jelas kepada seluruh pekerja pelipat Surat Suara.

“Dan yang pasti ya pengawasan Surat Suara, apakah ada rusak, sehingga harus disortir yang benar,” katanya.

Terkait dengan kondisi Surat Suara, sementara itu, sudah ditemukan Surat Suara rusak, di antaranya terdapat bercak tinta yang menutupi nama caleg, Surat Suara yang sobek dan potongan Surat Suara yang tidak simetris.

tag: pemilu 2024



BERITA TERKAIT