Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono : Perlu Sinergi Banyak Pihak Tangani Kenakanalan Remaja

images

Jateng

Tim Jateng Report

24 Nov 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menyoroti masalah kenakalan remaja yang semakin meresahkan di berbagai daerah.

Ferry menekankan pentingnya sinergi antara berbagai pihak untuk mengatasi permasalahan tersebut.

" Generasi saat ini sedang dimasa yang dimana ingin menjadi sebuah perhatian, maka dari itu Perlu Sinergi Banyak Pihak Tangani Kenakanalan Remaja," kata Ferry.

Ferry mengungkapkan keprihatinannya melihat meningkatnya kasus kenakalan remaja yang melibatkan berbagai aspek, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan tindakan kriminal.

"Kita tidak bisa menutup mata terhadap realitas bahwa kenakalan remaja menjadi tantangan serius bagi pembangunan sosial dan moral di Jawa Tengah. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi yang kuat antara pemerintah, lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengatasi masalah ini," ujar Ferry.

Dalam upayanya untuk menangani kenakalan remaja, Politikus Partai Golkar itu mengajak seluruh pihak terlibat untuk bekerja sama dalam menciptakan program-program preventif dan rehabilitatif.

"Pendidikan moral dan karakter harus ditingkatkan di sekolah-sekolah, sementara dukungan keluarga dan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk memberikan arah yang benar kepada generasi muda kita," tambahnya.

Ferry juga menyoroti peran media dalam membentuk pola pikir dan perilaku remaja.

" Media memiliki peran penting dalam membentuk opini dan norma sosial. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dengan media untuk menyajikan konten yang edukatif dan mendidik," ungkapnya.

Ferry berpendapat bahwa konten yang disajikan oleh media dapat memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap perkembangan remaja. Oleh karena itu, ia mengajak para praktisi media untuk berkolaborasi dalam menyajikan konten yang edukatif dan mendidik.

"Media harus lebih selektif dalam menentukan konten agar tidak memberikan dampak buruk pada pola pikir dan perilaku remaja," ungkapnya.

Dalam pandangannya, media memiliki tanggung jawab moral dalam menyajikan informasi, hiburan, dan konten-konten lainnya.

Ia mendorong adanya kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan media untuk menciptakan lingkungan media yang mendukung pembentukan karakter positif bagi generasi muda.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah ini juga menekankan perlunya peningkatan pengawasan terhadap penjualan dan peredaran narkoba di kalangan remaja.

"Kita perlu meningkatkan pengawasan terhadap tempat-tempat yang rawan penyalahgunaan narkoba dan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku kejahatan narkoba," tegas Ferry.

Dengan adanya perhatian serius dari pemerintah daerah, diharapkan upaya bersama ini dapat memberikan dampak positif dalam menangani kenakalan remaja di Jawa Tengah.

"Kita tidak boleh tinggal diam menghadapi masalah ini. Melalui sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, keluarga, masyarakat, dan media, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi tumbuh kembang generasi muda kita," pungkas Ferry. (Adv)

tag: Ferry Wawan Cahyono



BERITA TERKAIT