Antisipasi Sengketa Pemilu 2024, Bawaslu Kendal Gelar Rapat Bersama KPU dan Parrai Politik

images

Jateng

Eko Purwanto

23 Okt 2023


KENDAL (Jatengreport.com) - Bawaslu Kabupaten Kendal menggelar Rapat Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu bersama KPU dan partai politik, di Resto Tirto Arum Kendal, Senin (23/10).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber dari KPU Plt Ketua Rochimudin dengan topik Penyusunan dan penetapan daftar calon tetap anggota DPRD Kendal pada Pemilu 2024.

Selanjutnya mantan Anggota Bawaslu Kendal Firman Teguh Sudibyo yang menyoroti tentang proses sengketa pemilu pasca penetapan DCT. Sedangkan selaku moderator Eko Istanto Sekdin Diskominfo Kendal.

Ketua Bawaslu Hevy Indah Oktaria mengatakan adanya kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi bila mana terjadi sengketa pemilu.

Dikatakannya, dalam sengketa pemilu biasanya terjadi antara partai peserta pemilu, dan partai peserta pemilu dengan KPU.

"Kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi dari perwakilan partai peserta pemilu dengan awak media dan dengan Bawaslu,"kata Hevy.

Hevy mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan kesepakatan dengan akan melaksanakan pemilu damai ditandai dengan penandatangan kesepakatan dan kirab.

"Saya berharap kesepakatan ini bukan hanya slogan tapi membutuhkan realisasi nyata, semoga pemilu sukses tanpa ekses," harap Hevy.

Terpisah, Firman Teguh Sudibyo mengatakan praktek money politik memang ada di mana mana, namun sejauh ini tidak ada bukti yang menguatkan sehingga sulit di ambil tindakan.

"Disisi lain praktek seperti itu tidak ada laporan dari masyarakat adanya praktik politik uang tersebut. Antara calon wakil rakyat dengan penerima seakan sudah sejalan dan saling memerlukan,"jelas Firman.

tag: Bawaslu Kendal



BERITA TERKAIT