Waket Ferry Wawan Cahyono Dorong Pemdes Terapkan Sistem Informasi Desa

images

Jateng

Tim Jateng Report

20 Okt 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Memperjuangkan kemajuan dan efisiensi dalam tata kelola desa, ini sebagai langkah mengambil langkah strategis dengan mendorong Pemerintahan Desa (Pemdes) untuk menerapkan Sistem Informasi Desa.

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono tekankan pentingnya penggunaan teknologi informasi dalam mengelola dan memajukan tata kelola desa.

" Tata kelola desa yang baik akan menghasilkan output yang baik, selain itu jug masyarakat akan terbantu dan bisa bersama memantau informasi dengan adanya teknologi yang memadai," kata Ferry.

Ferry menjelaskan manfaat nyata yang akan dihasilkan dari penerapan Sistem Informasi Desa, yang meliputi peningkatan transparansi, efisiensi, dan aksesibilitas data yang berkaitan dengan tata kelola desa.

"Sistem Informasi Desa bukan hanya alat, tetapi juga kunci untuk membantu Pemdes dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, serta memberikan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat desa," ujar Ferry.

Menurutnya, dengan sistem Informasi Desa akan menjadi landasan utama untuk meningkatkan tingkat transparansi dalam pemerintahan desa.

Informasi seputar alokasi anggaran, program pembangunan, dan laporan keuangan akan mudah diakses oleh warga desa, yang pada gilirannya akan memperkuat akuntabilitas.

"Kami yakin bahwa dengan penerapan teknologi yang tepat, kita dapat menciptakan perubahan positif yang akan membawa manfaat nyata kepada seluruh komunitas desa," ujarnya.

Selanjutnya, Ferry juga mengapresiasi sebagai wilayah dapilnya yaitu Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Diketahui, Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Sistem Informasi Desa (SID) bagi Perangkat Desa. Bimtek digelar  di pendopo Kecamatan Kertanegara, pada Kamis (19/10).

“Panjenengan adalah para pemangku kepentingan, maka dari itu kita harus bergerak bersama berinovasi memanfaatkan teknologi, dalam hal ini Sistem Informasi Desa,” ujar Camat Kertanegara, Wahyudi Pamungkas ketika sambutan pembukaan acara Bimtek. (Adv)

tag: Ferry Wawan Cahyono



BERITA TERKAIT