Siap-siap! Kota Semarang Bakal Gelar Festival Wayang Orang Indonesia 2023 Bertaraf Nasional

images

Pariwisata

Tim Jateng Report

16 Okt 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Kota Semarang akan kembali menjadi tuan rumah gelaran event bertaraf nasional. Jika bulan Agustus lalu, ibu kota Provinsi Jawa Tengah sukses menggelar JKPI atau Jaringan Kota Pusaka Indonesia, bulan Oktober ini tepatnya tanggal 18 sampai dengan 21 Oktober 2023 akan digelar Festival Wayang Orang Indonesia tahun 2023. Kegiatan yang sarat dengan nilai seni budaya tersebut menurut rencana akan digelar secara terpusat di Taman Budaya Raden Saleh, Jalan Sriwijaya Nomor 29, Semarang dengan panggung utama berada di Gedung Kesenian Ki Narto Sabdo.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho, tema yang diangkat dalam Festival Wayang Orang Indonesia tahun ini adalah “Bersama Merawat Warisan Budaya Memajukan Wayang Orang Indonesia”.

“Festival Wayang Orang ini memang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Semarang, bahkan gagasan event tersebut telah disampaikan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan disambut dengan antusias,” terang Wing Wiyarso.

Menurut Wing Wiyarso, inisiasi untuk menggelar Festival Wayang Orang ini berangkat dari keprihatinan atas hasil kreatifitas kearifan lokal yang mulai tergantikan dengan adanya pengaruh budaya luar.

"Budaya lokal sudah mulai tergerus dengan budaya luar seperti drakor dan K-pop. Padahal warisan budaya tak benda dari seni tradisional kota Semarang cukup banyak. Termasuk potensi kesenian wayang orang, salah satunya Wayang Orang Ngesti Pandowo, warisan Maestro Ki Narto Sabdo yang juga telah terdaftar di tingkat nasional," tegasnya.

Rangkaian acara Festival Wayang Orang Nasional 2023 ini menampilkan pertunjukan yang begitu beragam yang diikuti oleh 8 kelompok seni wayang orang yang ada di Indonesia. Mulai dari Wayang Orang Barata Jakarta, Wayang Orang Sriwedari Surakarta, Wayang Orang Kabupaten Malang, Wayang Orang Sanggar Paripurna Gianyar Bali, dan dari kota lainnya.

Tak hanya itu, selama festival berlangsung, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pameran UMKM yang menampilkan produk-produk unik dari berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah. Selain itu, ada juga pameran wayang yang memperkenalkan berbagai jenis wayang dari seluruh penjuru nusantara. Menariknya, festival ini terbuka untuk umum dan gratis.

“Yuk!Catat tanggalnya bersama-sama kita datang serta nikmati rangkaian Festival Wayang Orang Nasional 2023 dan jadikan pengalaman seni yang tak terlupakan. Dadi Wong Jowo Ojo Ilang Jawane!,” ajak Wing Wiyarso.

tag: kota semarang , Kota Semarang , Kota Semarang , Kota Semarang , Kota Semarang , Festival Wayang Orang , Kota Semarang



BERITA TERKAIT