Ferry Wawan Cahyono Dorong Masyarakat Purbalingga Menuju Pemulihan Ekonomi Lewat Daur Ulang Limbah Plastik

images

Jateng

Tim Jateng Report

26 Sep 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono dukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dalam  pemulihan ekonomi dengan mendorong program daur ulang limbah plastik.

Ferry menjelaskan Langkah ini bukan hanya untuk menjaga lingkungan tetapi juga untuk memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

" Apa yang dilakukan Pemkab Purbalingga harus kita dukung karena ini sebagai bentuk untuk menyejahterakan masyarakat lewat limbah sampah yang biasa di anggap sepele olah sebagai banyak orang," ungkap Ferry.

Ferry juga menegaskan pentingnya memanfaatkan potensi daur ulang limbah plastik sebagai salah satu solusi untuk menggerakkan roda perekonomian lokal.

" Banyak manfaat yang bisa di gali dari sebuah sampah yang bisa menjadi potensi untuk kehidupan sehari - hari," kata Ferry.

Politikus partai Golkar itu, mengatakan kebanggaannya kepada Pemkab Purbalingga sebab Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen dalam mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan.

Harapannya, inisiatif ini akan menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh negara untuk memanfaatkan potensi daur ulang limbah plastik dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggelar Roadshow Pemulihan Ekonomi Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (26/9).

Hal yang sama disampaikan oleh Bupati Purbalingga, Tiwi mengapresiasi usaha kerajinan yang memanfaatkan bahan dari sampah/limbah.

“Ternyata dari Desa Sidakangen ini ada pengrajin plastik yang mana plastik biasanya tidak dimanfaatkan dan dibuang oleh masyarakat ini dimanfaatkan untuk memproduksi tas,” kata Bupati Tiwi.

Ia berharap tas dari daur ulang plastik ini bisa membawa kemaslahatan terhadap lingkungan secara berkelanjutan. Bupati memborong tas daur ulang tali plastik ini serta membagikannya kepada para ibu-ibu yang hadir.

“Ibu-ibu yang sering belanja ke pasar sudah tidak perlu lagi menggunakan tas kresek, jadi lebih baik kita membawa tas daur ulang ini. Tentunya ramah lingkungan,” katanya.

Bupati mengungkapkan, Roadshow Pemulihan Ekonomi ini sengaja rutin digelar Pemkab Purbalingga tiap bulan.

Tujuannya untuk memulihkan perekonomian dengan gelar produk khas masing-masing desa/kelurahan, memperkenalkan program pemerintah berupa dana stimulan, kredit modal usaha kartu prakerja Purbalingga sembako murah serta layanan yang lain. (Adv)

tag: Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Ferry Wawan Cahyono



BERITA TERKAIT