Polda Jateng Siap Kawal dan Amankan AEM

images

Hukum

Tim Jateng Report

15 Agt 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Polda Jateng siap mengamankan kegiatan Asean Economic Ministers (AEM) and Related Meetings yang akan diselenggarakan pada (17-22/8) mendatang.

Dalam kegiatan tersebur nantinya akan ada 29 Menteri Ekonomi dari Uni Eropa dan Asean yang hadir melakukan agenda kerjanya di Jawa Tengah.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan bahwa ratusan personel Polda Jateng yang tergabung dipastikan siap menjalankan tugasnya yakni mengawal dan mengamankan setiap kegiatan Menteri.

“Kita libatkan 781 personel untuk pengamanan obyek subyek dan pengawalan dari tempat maupun bergeraknya para Menteri di wilayah Jawa Tengah,” ujar Luthfi bersama Forkopimda Provinsi Jateng usai melakukan Apel Pasukan Pengamanan, Selasa (15/8).

Lebih lanjut Luthfi menuturkan meski puncak kegiatan berlangsung di Labuan Bajo namun pihaknya tetap akan memberikan jaminan keamanan bagi para Menteri. Dalam proses pengamanan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan TNI.

“Polda Jateng dan stakeholder yang lain serta teman-teman TNI kemudian Pemerintah Kota/Kabupaten akan bahu-membahu kerja sama dalam rangka memberikan jaminan keamanan untuk kegiatan ini sehingga pelaksanaannya nanti bisa terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Luthfi memaparkan ada beberapa skema pengamanan yang akan dilaksanakan oleh petugas. Bahkan pihaknya juga bakal menurunkan tim penjinak bom (jibom) di lokasi.

“Ada pengamanan sifatnya tertutup dan terbuka, ada yang melekat dan yang di standby kan. Ada jibom ada semuanya komplit dan maksimal mungkin,” bebernya.

Sementara, Wakil Gubernur Jateng, KH Taj Yasin Maimoen menambahkan jika pertemuan para Menteri Ekonomi Uni Eropa dan Asean ini bakal menjadi ajang bagi Pemprov Jateng untuk menawarkan pertumbuhan ekonomi.

Selain pariwisata, pihaknya akan menawarkan produk UMKM yang sudah didata oleh Dinas Perdagangan.

“Kedua koperasi sudah ada ditambah instruksi dari pemerintah pusat bahwa mengenalkan produk halal yang jumlahnya ada 10 juta produk halal UMKM yang ada di Jateng insyaallah sudah siap dari hulu-hilir,” pungkasnya.

tag: Polda Jateng , Amankan AEM



BERITA TERKAIT