Ferry Wawan Cahyono : Transisi Energi Upaya Tekan Resiko Pemanasan Global

images

Nasional

Tim Jateng Report

23 Jul 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) -  Transisi Energi merupakan upaya dalam menekan risiko pemanasan global yang berpotensi mengancam kehidupan yang layak di masa mendatang. Transisi energi adalah jalan menuju transformasi sektor energi global menjadi nol-karbon. Sehingga transisi energi menjadi persoalan penting bagi seluruh dunia.

“ Mengacu pada pergeseran sektor energi global dari sistem produksi dan konsumsi energi berbasis fosil (gas alam, minyak, dan batu bara) ke sumber energi terbarukan seperti angin, matahari dan baterai lithium-ion.  Dimasa sekarang urgensi transisi energi menjadi lebih meningkat. Hal tersebut tak lain guna melindungi planet dari risiko perubahan iklim,” Kata Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono

Pentingnya transisi energi di masa sekarang didorong oleh berbagai faktor, di antaranya tingginya penetrasi energi terbarukan ke dalam bauran energi global, peningkatan teknologi dan penyimpanan energi, serta dimulainya elektrifikasi.
Pihaknya , meminta seluruh pihak menyukseskan transisi energi, untuk pembangunan daerah rendah karbon di provinsi ini.

Pada sektor energi, pemerintah telah menetapkan Peraturan Daerah Jawa Tengah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jateng. Dikatakan, dalam perda itu juga menekankan pada peran serta masyarakat dalam implementasi energi baru terbarukan, melalui desa mandiri energi.

Seperti desa mandiri energi memberikan solusi, yakni desa di Kabupaten Magelang yang sudah dua tahun masyarakatnya tidak membeli gas elpiji. Bahkan, di kantor desanya juga sudah mengembangkan PLTS. Itu juga kami kampanyekan untuk bagaimana masyarakat di Jawa Tengah untuk meniru.

Terdapat tiga prinsip yang harus dilaksanakan dalam mengembangkan ekonomi hijau. Pertama, mengembangkan industri di bidang energi baru terbarukan. Kedua, mengelola sumber daya alam berkelanjutan, dan ketiga, mengembangkan proses produksi ramah lingkungan.

Seperti potensi yang dimiliki Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Kebutuhan energi di sektor kesehatan juga terus didorong. Termasuk rumah sakit juga harus ikut andil dalam kampanye perubahan energi. (Adv)

tag: Ferry Wawan Cahyono , Transisi Energi , Tekan Resiko Pemanasan Global



BERITA TERKAIT