Pemprov Jateng Tingkatkan Wisata Ramah Muslim, Bidik Tamu Mancanegara

images

Pariwisata

Tim Jateng Report

11 Jul 2023


KARANGANYAR (Jatengreport.com) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya meningkatkan wisata ramah muslim. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengatakan wisata ramah muslim menjadi  salah satu upaya pemerintah mendongkrak perekonomian di Jateng.

Untuk itu, lanjut wagub, berbagai aspek pendukung wisata halal perlu disiapkan. Menurutnya, bukan hanya pada sisi hilir saja, melainkan juga sisi hulunya.

"Kami saat ini menyiapkan seluruh stakeholder mendorong betul perhotelan, kuliner, maupun  wisata yang ramah muslim. Tentu dengan adanya ramah terhadap muslim ini akan meningkatkan pendapatan kawasan khususnya pelaku wisata," kata Taj Yasin saat acara penutupan Lawu Culture and Tourism Festival 2023 di resto Domba Lawu, di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Senin (10-07-2023).

Taj Yasin menambahkan, wisata halal ini bukan diperuntukan bagi kalangan muslim saja. Menurutnya, konsep wisata tersebut dilakukan untuk memberikan fasilitas dan layanan yang sesuai bagi wisatawan muslim.

Aspek yang perlu ada, papar wagub, mulai dari fasilitas ibadah, kebersihan tempat wisata, hingga kuliner yang tersertifikasi halal oleh pemerintah. Sehingga, diharapkan  baik muslim maupun non muslim bisa nyaman untuk berwisata.

"wisata halal bukan hanya diperuntukkan bagi orang muslim. Kita hanya menyediakan (fasilitas) untuk  kawan-kawan beragama muslim yang ingin berkunjung. Kita seharusnya bisa menarik wisatawan bukan di dalam negeri tapi sampai ke mancanegara harus datang ke Indonesia, khususnya Jateng," jelas wagub.

Dalam acara penutupan tersebut, wagub Taj Yasin berkesempatan menyaksikan secara langsung proses pembuatan keris. Selain itu, wagub juga berkeliling melihat pameran benda-benda pusaka.

tag: pemprov jateng , Ramah Muslim , Bidik Tamu



BERITA TERKAIT