Ini Manfaat Mencuci Muka Menggunakan Air Dingin Yang Perlu Diketahui

images

Lifestyle

Tim Jateng Report

26 Jun 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Salah satu manfaat air dingin untuk wajah adalah mengecilkan pori-pori wajah. Namun, hal tersebut hanya terjadi sementara waktu. Bukan berarti setiap hari mencuci wajah dengan air dingin akan memiliki pori-pori yang kecil. Senin (19/6/23). Untuk mendapatkan manfaat tersebut, perlu melakukan usaha yang lebih, seperti melakukan masker wajah dengan madu dan lemon.

Dilansir dari halodoc.com, berikut manfaat mencuci wajah menggunakan air dingin:

1. Menyegarkan Wajah

Mencuci muka dengan air dingin akan memberi sensasi yang menyegarkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita bisa melakukannya saat bangun tidur dan setelah beraktivitas seharian.

2. Membuat Make Up Tahan Lama

Air dingin bisa membuat make up lebih tahan lama pada wajah. Hal ini dapat dilakukan saat membutuhkan make up untuk beraktivitas seharian.

3. Mengatasi Pembengkakan Wajah

Saat mengalami pembengkakan pada wajah setelah bangun tidur, kondisi ini dapat diatasi dengan mencuci wajah memakai air dingin. Pembengkakan terjadi karena tekanan dan proses regenerasi yang dialami selama tidur sepanjang malam.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air dingin dapat mencegah proses penuaan dini, terutama untuk mencegah munculnya keriput di wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mencuci muka secara rutin. Tentunya dengan diiringi dengan perawatan kulit yang tepat.

5. Mengurangi Rasa Gatal

Saat mengalami gatal-gatal atau kondisi kesehatan tertentu yang memicu munculnya rasa gatal pada kulit, atasi dengan air dingin. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa mandi dengan air dingin secara rutin. Hindari menggaruk kulit agar kulit tidak teriritasi.

6. Mengurangi Minyak Berlebih

Manfaat air dingin untuk wajah juga dapat mengurangi minyak berlebihan. Hal tersebut dapat terjadi karena saat rutin mencuci muka dengan air dingin, pori-pori menjadi lebih kecil. Ukuran pori-pori yang kecil membuat produksi minyak semakin minim.

7. Wajah Terlihat Lebih Cerah

Air dingin mampu mengencangkan dan membatasi aliran darah, sehingga kulit wajah terlihat lebih bercahaya dan sehat. Berbeda dengan air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan sebum menjadi kering. Lapisan ini bekerja sebagai pelindung alami kulit.

tag: Manfaat Mencuci Muka



BERITA TERKAIT