Mengenal Sejarah Batik Indonesia di Museum Batik Pekalongan

images

Visit Jateng

Tim Jateng Report

10 Jun 2023


PEKALONGAN (Jatengreport.com) - UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda. Selain itu, Museum Batik Pekalongan menjadi satu-satunya Museum di Indonesia yang mendapat sertifikat UNESCO dengan predikat Best Safeguarding Practice, dimana Museum Batik menjadi institusi pelestari budaya Batik melalui pelatihan batik kepada kalangan pelajar dari tingkat dasar, menengah, atas, kejuruan, dan politeknik.

Museum Batik Pekalongan tempat wisata edukasi yang dapat dikunjungi bersama dengan anak-anak, memberikan mereka pengetahuan akan batik yang merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

Ragam wisata seru lain yang dapat kamu nikmati ialah dengan menyaksikan sebuah video atau film tentang sejarah batik dan sejarah dari Museum Batik Pekalongan itu sendiri.

Sejarah Batik Pekalongan

Konon katanya batik di Pekalongan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu yakni sekitar tahun 1800, hal tersebut dibuktikan dengan adanya motif batik yang dibuat tahun 1802. Dan masih sebagian besar diproduksi secara rumahan.

Kemudian pada tahun 1825-1830 setelah Perang Diponegoro atau Perang Jawa, membuat keluarga Keraton Mataram bermigrasi ke wilayah Timur dan Barat. Kemudian batik pun berkembang pesat di daerah tersebut.

 

Ditambah dengan adanya pertemuan dengan berbagai bangsa seperti Cina, Belanda, Arab, India, Melayu dan juga Jepang membuat mitof batik Pekalongan pun semakin beragam namun tetap tidak meninggalkan ciri khasnya.

Tak ada salahnya jika kita mengupas sedikit tentang sejarah dari keberadaan Museum Batik Pekalongan ini, sebenarnya bangunannya sendiri sudah ada sejak zaman Belanda yang berfungsi sebagai kantor administrasi keuangan pabrik gula.

Dan diresmikan sebagai sebuah museum pada tahun 2006, oleh Presiden SBY yang kala itu sedang menjabat. Museum Batik Pekalongan ini pernah menyabet penghargaan sebagai Best Practices untuk kategori pelestarian budaya batik dari Unesco.

Lokasi Museum Batik Pekalongan

Lokasi Museum Batik Pekalongan berada di alamat di Jalan Jetayu No.1, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Rute Menuju Museum Batik Pekalongan

Jalan menuju Museum Batik Pekalongan sangat mudah dijangkau, apalagi jika beranjak dari Alun-Alun Kota Pekalongan. Dengan memakan waktu kurang dari 10 menit.

Yakni dengan belok kanan menuju Jalan KH. Wahid Hasyim, teruslah melaju di Jl. Hasanudin lalu belok kiri untuk tiba di Jl. Raden Saleh, belok kanan ke Jl. Diponegoro, belok kanan lagi untuk tiba di Jl. Jetayu. (adv)

tag: Museum Batik Pekalongan



BERITA TERKAIT